Kotak Cincin Pernikahan Kahiyang-Bobby dari Kaca Aqualet

Selasa, 31 Oktober 2017 - 17:30 WIB
Kotak Cincin Pernikahan Kahiyang-Bobby dari Kaca Aqualet
Kotak Cincin Pernikahan Kahiyang-Bobby dari Kaca Aqualet
A A A
SOLO - Sebuah kotak khusus untuk tempat cincin disiapkan keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pernikahan Kahiyang Ayu-Mohammad Bobby Afif Nasution. Kotak cincin berikut hantarannya dibuat Mintorogo, perajin kaca asal Kota Solo, Jawa Tengah.

Pesanan datang pertengahan September lalu melalui utusan keluarga presiden. Kala itu, semula hanya mencari sampel untuk souvenir.

Dirinya lalu diundang ke Graha Saba Buana, gedung pertemuan milik keluarga Presiden Jokowi di Jalan Letjend Suprapto, Solo.

Gedung itu nantinya menjadi lokasi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, 8 November mendatang. “Pembicaraan pertama justru pembuatan kotak cincin dan hantarannya,” ungkap Mintorogo di Solo, Jawa Tengah, Selasa (31/10/2017).

Pemilik usaha Risang Aji Art Glass di Kelurahan Kestalan RT 03 RW 01, Kecamatan Banjarsari, Solo tersebut mengaku kotak cincin dihias dengan motif batik.

Bentuknya balok berdimensi 20 cm x 10 cm x 5 cm. Sedangkan hantaran untuk kotak cincin dibuat berukuran sedikit lebih besar, yakni 27 cm x 17 cm x 4,5 cm. Keduanya dihias dengan motif batik Sidomulyo blidak.

“Hantarannya satu, kotaknya satu, motif blidak itu artinya putih,” terangnya. Motif warna putih yang memilih ibu negara, Iriana Jokowi. Kotak cincin dibuat dari bahan kaca aqualet, yakni kaca yang teksturnya bergelombang. Saat ini kotak cincin dan hantaran masih dalam proses pengerjaan.

Keluarga Presiden Jokowi juga memesan 500 kotak kaca sebagai souvenir. Kotak itu biasa difungsikan untuk menyimpan perhiasan. Bentuk kotak kaca souvenir yang dipesan ada dua jenis.

Yakni tempat perhiasan segi enam ukuran 12 cm x 11 cm. Serta kotak perhiasan persegi panjang 4 cm x 10 cm. Untuk kedua jenis pesanan masing masing 250 buah. Bahan kaca yang dipakai juga berbeda.

Dia menggunakan tiga jenis kaca sebagai bahannya. “Yang dipilih kaca aqualet, kaca flora, dan kaca dedaunan. Aqualet itu kaca yang bertekstur, dan bergelombang. Sedangkan flora hanya daun. Sementara kaca dedaunan ada daun, bunga, dan air. Kotak kaca juga dihias dengan motif batik.

Keluarga Jokowi memilih beberapa motif batik sebagai penghias kaca. Yakni motif parang, kawung, sekar tanjung, dan sidomulyo. Mengenai harga, dia enggan membeberkan. Dirinya tidak tahu souvenir 500 kotak kaca diperuntukkan untuk siapa.

Yang jelas, setiap tamu yang memperoleh dimungkinkan bisa beda bentuk, bahan dan motif batiknya. Souvenir dikerjakan selama tiga pekan oleh enam orang. Souvenir saat ini telah diserahkan kepada panitia pernikahan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5318 seconds (0.1#10.140)