32 Tahun Jadi PNS, Iwa Karniwa Siap Majukan Jabar

Rabu, 25 Oktober 2017 - 15:51 WIB
32 Tahun Jadi PNS, Iwa Karniwa Siap Majukan Jabar
32 Tahun Jadi PNS, Iwa Karniwa Siap Majukan Jabar
A A A
BANDUNG - Mengabdi selama 32 tahun sebagai pegawai negeri sipil (PNS) memberikan pengalaman berharga bagi Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa dalam memahami kelebihan dan kekurangan Jabar.

Pengalaman itu pulalah yang memberikan semangat bagi Iwa yang kini berniat maju ke Pilgub Jabar 2018. Iwa sendiri sudah mengikuti penjaringan cagub/cawagub yang digelar PDIP untuk memuluskan niatnya maju ke pesta demokrasi terbesar di Jabar itu.

Rabu (25/10/2017), Iwa menjadi salah satu tokoh yang diundang PDIP dalam acara Silaturahmi dan Curah Gagasan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur bersama Tokoh Masyarakat di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung.

Iwa yang mengenakan kemeja putih dan peci hitam itu mengemukakan beberapa isu utama pembangunan Jabar ke depan. Dia mengungkapkan, pemaparannya itu merupakan buah dari pengalamannya mengabdi sebagai PNS selama 32 tahun.

"Saya sendiri sudah pengalaman sebagai PNS selama 32 tahun. Di sini saya menekankan tiga isu utama dan penting sebagai gagasan membangun Jabar ke depan," kata Iwa seusai acara.

Menurut Iwa, untuk memajukan Jabar, isu utama yang akan dia bangun yakni menurunkan angka kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan pembangunan.

"Data 2011 hingga 2016 tingkat kemiskinan di Jabar menurun 0,3. Ke depan kalau saya ditakdirkan (jadi gubernur) bisa lebih diturunkan 100% dari sekarang atau 0,6%," ujar Iwa.

Dia juga menyoroti angka pengangguran terbuka yang penurunannya berkutat di 0,13% akibat minimnya ketersediaan tenaga kerja berkeahlian yang dibutuhkan industri.

"Ke depan mismatch ini harus diatasi. Saya menargetkan penurunan di angka 0,16%. Selain itu, indeks gini rasio akan terus diturunkan, di sisi lain ada upaya juga untuk meningkatkan daya beli para petani, peternak, dan masyarakat umum," papar Iwa.

Iwa yakin, lewat tema "Majulah Jawa Barat Mengentaskan Kemiskinan dan Memacu Pertumbuhan Ekonomi" yang dia usung, pemikiran dan gagasannya akan menjadikan Jabar lebih baik.

"Untuk mekanisme pencalonan, saya serahkan sepenuhnya ke DPP PDIP. Sebab, saya ikut tahapan pilkada pun karena dorongan masyarakat. Pada akhirnya seluruh upaya saya serahkan ke Allah SWT dan mekanisme di DPP (PDIP)," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5735 seconds (0.1#10.140)