Tolak Menyerah Meski Terkepung, Pencuri Spesialis di SPBU Ini Ditembak

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 14:17 WIB
Tolak Menyerah Meski...
Tolak Menyerah Meski Terkepung, Pencuri Spesialis di SPBU Ini Ditembak
A A A
DEMAK - Makin banyak tempat umum yang tak aman. Bahkan SPBU yang merupakan tempat pengendara untuk mengisi bahan bakar minyak sekaligus tempat melepas penat, juga tak luput dari sasaran pencuri.

Baru-baru ini, seorang pria bernama Andik Kurniawan (21) warga RT 2/3 Desa Tambakroto Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, ditangkap polisi karena berbuat kriminal di SPBU. Dengan dibantu rekannya mengintai calon korban yang mulai menepikan kendaraan untuk beristirahat.

Aksi kejahatan Andik cukup cerdik karena dia juga seolah hendak melepas lelah setelah menempuh perjalanan jauh. Tentu saja dia beserta rekannya tak beristirahat, melainkan menunggu para pengendara lengah dan lelap tertidur.

Peristiwa itu bermula saat korban Siti Lestari (42) warga RT 9/3 Desa/Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, sedang menempuh perjalanan dari Pati. Korban bersama dua rekannya yang mengendarai kendaraan roda empat memilih Karanganyar Demak untuk beristirahat.

Perjalanan jauh dan waktu mendekati Subuh membuat mereka kelelahan hingga terlelap dalam mobil. Tanpa sadar, mereka diawasi oleh sepasang mata tak jauh dari lokasi. Sebagai eksekutor, Andik mulai mendekat untuk memastikan seluruh penumpang tertidur.

Dari balik jendela, pelaku melihat korban tengah memangku sebuah tas berwarna hitam. Dengan gerakan sangat hati-hati dia mulai membuka pintu mobil yang memang tak terkunci. Masih dengan gerakan pelan dia menarik tas dari pangkuan korban.

Entah karena kaget atau terasa tasnya ditarik, korban mendadak bangun. Sekuat tenaga perempuan itu berusaha menarik kembali tasnya dari genggaman pelaku. Namun, tenaga pelaku lebih kuat hingga akhirnya bisa membawa kabur tas yang berisi dompet, kartu identitas, serta ponsel pintar.

"Pelaku ini membuka pintu samping kiri, tepat berada korban yang memangku tas. Setelah berhasil menggondol tas, pelaku kabur bersama rekannya bernama Anwar naik sepeda motor yang tidak ada nopolnya," kata Kabag Ops Polres Demak, Kompol Sutomo, Sabtu (14/10/2017).

Polisi yang menerima laporan itu segera melakukan pengejaran. Berbekal keterangan korban, polisi mengumpulkan data tentang ciri-ciri pelaku. Selain itu, polisi juga mendapatkan rekaman CCTV sehingga lebih mudah melakukan identifikasi.

Dari hasil penyelidikan, polisi mengetahui pelaku berada di Tambakroto, Demak. Meski telah terkepung, namun pelaku masih berusaha kabur dan melawan petugas. Tindakan tegas pun dilakukan polisi dengan menembakkan timas panas.

"Ini (pelaku) memang mengincar pengendara yang kelelahan dan beristirahat di SPBU. Jika lengah, mereka akan mengambil barang-barang korban. Tak hanya pengendara mobil kecil, sopir truk yang ketiduran juga menjadi korban pelaku," terangnya.

Saat gelar perkara di Mapolres Demak, pelaku yang mengenakan penutup ala ninja mengatakan, selalu mengamati lokasi sebelum beraksi. Dia bersama rekannya juga pura-pura istirahat di dekat kendaraan korban agar mudah melakukan pengawasan. "Kalau korban tidur, ya kita ambil barang-barangnya," singkatnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)