3 Kandidat Gubernur Jawa Barat Teratas Versi Lingkaran Survei Indonesia

Minggu, 08 Oktober 2017 - 15:20 WIB
3 Kandidat Gubernur Jawa Barat Teratas Versi Lingkaran Survei Indonesia
3 Kandidat Gubernur Jawa Barat Teratas Versi Lingkaran Survei Indonesia
A A A
BANDUNG - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan, sosok M Ridwan Kamil menjadi sosok yang unggul sebagai kandidat cagub pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018. Namun, belum menjadi kandidat perkasa.

"Kalau merujuk data kita, Emil (Ridwan Kamil) yang konsisten disimulasi jumlah calon, yang kita potret selalu unggul tapi kita melihat belum masuk kategori tunggal. Jadi dia unggul tapi belum perkasa," kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, dalam pernyataan yang dikirimkan ke SINDOnews, Minggu (8/10/2017).

Menurut dia, sosok Ridwan Kamil bisa disebut sebagai kandidat 'matahari tunggal' dalam Pilgub Jawa Barat 2018 kalau memiliki pemilih fanatik/militan di atas 25 hingga 30% dan elektabilitasnya bisa di atas 50%.

Dia menuturkan, Pilkada Jawa Barat 2018 akan diwarnai persaingan ketat dan seluruh figur yang potensial maju sebagai kandidat belum ada yang menjadi 'matahari tunggal'. Termasuk, elektabilitas Ridwal Kamil yang sudah resmi diusung NasDem, dalam berbagai simulasi, pun belum cukup perkasa karena masih di bawah 40%.

"Ada Dede Yusuf atau DY yang mulai meroket dan Dedi Mulyadi (DM) yang trendnya terus naik. Sementara, Deddy Mizwar (Demiz) yang elektabilitasnya di atas DM masuk dalam kategori stagnan," kata Toto.

Survei dilakukan pada 22-29 September 2017 dengan menggunakan metode standar: multi stage random sampling, dimana seluruh pemilih Jawa Barat dipilih secara random. Jumlah responden 440, dengan margin of error sebesar 4,8%.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1056 seconds (0.1#10.140)