Hendak Dideportasi Petugas Imigrasi, Perempuan WNA China Pingsan

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 04:01 WIB
Hendak Dideportasi Petugas Imigrasi, Perempuan WNA China Pingsan
Hendak Dideportasi Petugas Imigrasi, Perempuan WNA China Pingsan
A A A
AGAM - Perempuan warga negara asing (WNA) asal China, Shi Xufen (46), pingsan setelah mendengar akan dideportasi oleh petugas Imigrasi Agam, Sumatera Barat. Sebelunya Shi Xufen dan suaminya Zhang Chunsong (42) ditangkap karena menyalahi izin tinggal.

Pasangan suami istri asal Zhejiang, China ini diduga menggunakan visa kunjungan untuk tinggal dan berencana membuka usaha dagang payet. Mereka ditangkap petugas Imigrasi Agam saat berada di ruko kontrakan kawasan pertokoan Tambuo Tigo Baleh, Terminal Bus Simpang Aur, Kota Bukittinggi pada Rabu 4 Oktober 2017 sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas Dua Agam, Ezardy Syamsoe menyebutkan, kedua WNA tersebut masuk secara legal ke Indonesia melalui Bandara Juanda, Surabaya, pada 16 Juli 2017, dengan izin visa kunjungan. Namun dengan modus memperpanjang visa kunjungan, kedua WNA ini terbukti over stay atau menetap dalam waktu yang lama. Bahkan mereka berniat membuka usaha yang tidak dapat dilakukan dengan visa berkunjung.

“Setelah kami proses mereka mengaku sedang mengurus izin usahanya, tapi kami tidak bisa hanya menerima keterangan tanpa ada bukti. Padahal, buktinya saya lihat mereka menggunakan visa kunjungan, berarti kami menduga mereka melakukan pelanggaran penyalahgunaan izin tinggal,” kata Ezardy, Jumat 6 Oktober 2017.

Hendak Dideportasi Petugas Imigrasi, Perempuan WNA China Pingsan

Sampai Jumat sore, dua WNA asal China itu masih diamankan di Ruang Detensi Kantor Imigrasi Agam. Pasangan suami istri ini terancam dinaikkan ke penyidikan atau diberlakukan tindakan administrasi keimigrasian berupa dikembalikan ke negara asalnya.

Sementara itu, hingga awal Oktober Kantor Imigrasi Agam mencatat telah menangkap dan mendeportasi 15 orang WNA. Sebagian besar berasal dari Malaysia dan China.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7935 seconds (0.1#10.140)