Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Terbakar, Anoa Terancam Punah

Senin, 02 Oktober 2017 - 15:20 WIB
Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Terbakar, Anoa Terancam Punah
Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Terbakar, Anoa Terancam Punah
A A A
KONAWE SELATAN - Kebakaran hebat yang melanda Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara, menyebabkan padang savana dan kawasan hutan lindung ludes terbakar.

Danang, staf Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai memprediksi, jika kebakaran terus berlanjut, hewan endemik seperti anoa, rusa, dan beberapa spesies lainnya akan mengalami kepunahan.

Meski jumlah peralatan penunjang tergolong kurang, petugas gabungan yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri, Taman Nasional, dan warga terus bersiaga melakukan pemadaman api.

Di lokasi kejadian, Kapolres Konawe Selatan AKBP Hamka Mappaita mengatakan, guna memperkecil ruang kebakaran, pihaknya telah membentuk satgas khusus untuk memantau dan mencegah terjadinya kebakaran.

"Tim satgas khusus beberapa hari terakhir telah melakukan pemadaman di beberapa titik kebakaran. Selain itu, pihak kepolisian telah mengamankan salah seorang warga yang diduga kuat membakar lahan tersebut," katanya, Senin (2/10/2017).

Sementara, Dalops Manggala Agni Sultra Yanuar Panca Kusuma menuturkan, meski jumlah personel dan peralatan belum memadai, pihaknya berupaya semaksimal mungkin memadamkan api.

"Kami terus berupaya untuk meminimalisir meluasnya kebakaran hutan di wilayah Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan konservasi Taman Nasional Watumohai."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3792 seconds (0.1#10.140)