Bupati Tapsel: Marancar Layak Jadi Kecamatan Terbaik di Sumut

Selasa, 26 September 2017 - 16:02 WIB
Bupati Tapsel: Marancar Layak Jadi Kecamatan Terbaik di Sumut
Bupati Tapsel: Marancar Layak Jadi Kecamatan Terbaik di Sumut
A A A
TAPANULI SELATAN - Di depan tim penilaian kecamatan terbaik se-Sumatera Utara (Sumut), Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Syahrul M Pasaribu memaparkan keistimewaan Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapsel.

Syahrul Pasaribu menyatakan Marancar layak jadi kecamatan terbaik di Sumatera Utara. Kata dia, Marancar menyimpan budaya dan kearifan lokal dan Sumber Daya Alam (SDA) Kecamatan Marancar.

Di Kecamatan Marancar sejak ratusan tahun, budaya musyawarah selalu dikedepankan dalam setiap mengambil keputusan. Pembagian air sawah yang tertib dan pelebaran jalan masyarakat ikhlas menghibahkan tanahnya untuk percepatan pembangunan.

”Warga di kecamatan ini selalu menjaga kearifan lokal yang sudah turun temurun,”ujarnya saat kunjungan tim penilai kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumut, Senin (25/9/2017).

Lebih lanjut dia mengatakan, Kecamatan Marancar juga memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tidak heran, saat ini sedang ada pengerjaan mega proyek PLTA dengan kapasitas 510 Megawatt. Tentunya, proyek masa depan itu akan memberikan solusi kekurangan listrik yang selama ini dialami oleh Sumut.

”Proyek ini akan mampu menutupi kekurangan listrik di Sumut. Bahkan di sejumlah wilayah yang ada di Pulau Sumatera,” ujarnya.

Selain itu, laki-laki yang sudah dua periode menjabat itu mengatakan, Kecamatan Marancar masih asri, sehingga banyak ditemukan lokasi wisata seperti air panas, terjun Silima-lima dan Sisoma. ”Kami sekarang mempunyai yel-yel, Marancar Maju, Tapsel Luar Biasa, Sumut Paten Indonesia Hebat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Kecamatan Terbaik Sumut Saiful Bahri Siregar mengatakan, penilaian utama dalam pemilihan kecamatan terbaik adalah camat sebagai perpanjangan tangan bupati dalam peningkatan pelayanan di kecamatan. ”Ekspose yang disampaikan camat tersebut diharapkan bisa ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Kegiatan penilaian kecamatan terbaik itu dihadiri Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Sekretaris Daerah Parulian Nasution, para asisten, staf Ahli, pimpinan OPD, Ketua TP PKK Syaufia Syahrul M Pasaribu, Kabag Humas Tapsel, Isnut Siregar dan tokoh masyarakat setempat.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7842 seconds (0.1#10.140)