Rescue Perindo Edukasi Warga Karawang Atasi Kebakaran

Sabtu, 23 September 2017 - 15:56 WIB
Rescue Perindo Edukasi...
Rescue Perindo Edukasi Warga Karawang Atasi Kebakaran
A A A
KARAWANG - Tim Rescue Perindo melakukan edukasi penanganan kebakaran kepada warga Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (23/9/2017). Warga diajarkan bagaimana menanggulangi bahaya kebakaran akibat korsleting listrik atau gas elpiji bocor.

"Kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada warga bagaimana mencegah ataupun mengatasi kebakaran. Apalagi ini permukiman, pasti dampaknya cukup besar jika kita lalai. Umumnya karena tidak paham ataupun panik saat muncul api sehingga salah menanganinya," kata Ketua Umum DPP Rescue Perindo Adin Denny didampingi Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Karawang Asep Saefudin.

Menurut Adin, kebanyakan dari masyarakat belum memahami bagaimana mencegah kebakaran. Korsleting listrik bisa terjadi karena warga membiarkan sakelar digunakan secara bertumpuk. Bisa juga karena kabel listrik terlalu kecil untuk menahan beban listrik sehingga terjadi kebakaran.

"Kita edukasi mereka bagaimana menggunakan sakelar secara benar dan aman. Kita juga menjelaskan bagaimana menggunakan kompor gas secara benar dan juga merawat kompor gas berikut selangnya. Ini semua agar dipahami agar mereka bisa terhindar dari bahaya kebakaran," katanya.

Adin menambahkan, warga juga diajarkan bagaimana melakukan tindakan yang aman saat terjadi kebakaran. Biasanya, akibat panik warga malah meninggalkan api yang masih kecil hingga terus menjalar. Padahal jika tidak panik, pemadaman bisa dilakukan selagi api masih kecil.

"Misalnya saat api di kompor menyala besar jangan ditinggalkan tapi ambil kain lalu basahi dengan air dan secara pelan-pelan ditutup ke pusat api," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8007 seconds (0.1#10.140)