Gunung Agung Siaga, Kepala BNPB Minta Petugas Dibekali Baju Tahan Api

Rabu, 20 September 2017 - 15:06 WIB
Gunung Agung Siaga, Kepala BNPB Minta Petugas Dibekali Baju Tahan Api
Gunung Agung Siaga, Kepala BNPB Minta Petugas Dibekali Baju Tahan Api
A A A
KARANGASEM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengecek kesiapan Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam menghadapi semakin meningkatnya aktivitas Gunung Agung.

Dia menekankan persiapan harus sudah dilakukan mulai dari posko pengungsian, logistik maupun finansial. "Jika sewaktu-waktu Gunung Agung erupsi, Pemkab Karangasem harus sudah siap. Siapkan peringatan dini agar warga cepat mengetahuinya, apakah dengan kulkul, toa, silakan saja," ujarnya di Karangasem, Rabu (20/9/2017).

Dia meminta, dalam proses evakuasi lebih mendahulukan anak, ibu hamil, dan para orang tua. Selain itu, terkait finansial Pemkab Karangasem agar terus berkomunikasi baik dengan Provinsi maupun Pusat. "Petugas agar disiapkan baju tahan api, sedangkan masker juga harus disiapkan," katanya.

Kepala BNPB juga berharap agar masyarakat Karangasem tetap tenang menghadapi kondisi ini. Selain itu, pihaknya meminta agar struktur pengorganisasian diisi oleh orang-orang yang paham. "Hal yang paling sulit adalah mengarahkan masyarakat. Di mana-mana kondisinya sama, jangan sampai ada korban jiwa," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5868 seconds (0.1#10.140)