Masya Allah, Dibuang di Dalam Kardus, Bayi Ini Tetap Sehat

Jum'at, 15 September 2017 - 13:58 WIB
Masya Allah, Dibuang di Dalam Kardus, Bayi Ini Tetap Sehat
Masya Allah, Dibuang di Dalam Kardus, Bayi Ini Tetap Sehat
A A A
TANJUNG PINANG - Betapa terkejutnya Siti Nuraini (42), ketika menemukan bayi cantik di depan rumahnya Jalan Daeng Celak, RT02/RW08, Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjung Pinang Timur, Tanjung Pinang, Kepri, Jumat (15/9/2017).

Bayi perempuan itu ditemukan di dalam kardus sekira pukul 01.45 WIB. Diduga orangtua kandung bayi mungil itu sengaja membuang buah hatinya itu dengan cara meletakkan dalam kardus di depan rumah Siti. Beruntung, saat ditemukan bayi itu masih dalam kondisi sehat.

Siti menceritakan, bayi berbobot 3 kg pertama kali ditemukan anaknya Fardi (17), sehabis pulang belajar kelompok di rumah temannya. Setiba di rumah, Fardi melihat kardus diletakkan di kursi luar.

Awalnya Fardi mengira kardus tersebut tempat anak kucingnya. Namun, kardus itu tiba-tiba bergerak dan anaknya pun kaget. Ajaibnya, saat ditemukan bayi tersebut tidak menangis.

"(Fardi) Dikiranya kotak kucing, pas dihidupin lampu lihat ada bayi baru lahir. Bayinya hidup dan pucat, pusarnya masih panjang, dan tubuhnya masih ada darahnya," kata Siti saat ditemui di rumahnya.

Sebelum bayi ditemukan, Siti sempat mendengar suara sepeda motor berhenti di depan rumahnya. Namun, dia tidak menghiraukan dan kembali tidur. Begitu mengetahui isi kardus seorang bayi, Siti langsung memberitahu kepada perangkat RT/RW setempat.

Kemudian, pihak RT/RW langsung melaporkan ke Polsek Tanjung Pinang Timur. Setelah polisi datang, bayi mungil itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Ahmad Thabib Tanjung Pinang.

"Memang tadi ada malam ada suara motor berhenti, sebentar saja langsung pergi. Saya tidak curiga sama sekali karena bayinya diam saja," ujar dia.

Humas RSUP Ahmad Thabib Muhammad Safei mengatakan, bayi itu tiba di rumah sakit sekira pukul 02.20 WIB diantar masyarakat bersama pihak kepolisian. Dia menuturkan, saat ini bayi perempuan itu dalam kondisi sehat dan dirawat di ruang Perinatologi (ruang bayi).

"Kalau lihat kondisi bayinya dilahirkan secara normal. Sekarang sudah dirawat oleh petugas, bayinya sehat," ujar Sefei.

Terpisah, Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Syamsurizal membenarkan terkait adanya penemuan oleh masyarakat. Dia menuturkan, bayi tersebut diletakkan orangtuanya di dalam kardus dan ditinggal di depan rumah warga.

Setelah mendapat informasi itu, Babinkantibmas bersama petugas Sentra Pelayanan Kepolisian yang piket langsung mendatangi lokasi dan membawa korban ke rumah sakit.

"Bayinya segera dibawa ke RSUP untuk proses penanganannya," ujar dia.

Syamsurizal mengungkapkan, dalam kasus pembuangan bayi ini pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa orangtuanya. Dia meminta kepada masyarakat yang mengetahui siapa orang tuanya agar segera melaporkan kepada pihak berwajib.

"Belum diketahui siapa pemilik bayinya, masih kita selidiki. Jika ada masyarakat mengetahui tolong diinformasikan agar dapat ditindaklanjuti," tutup Syamsurizal.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6468 seconds (0.1#10.140)