Atraksi Tim Jupiter di Langit Pantai Losari Makassar Pukau Pengunjung

Rabu, 06 September 2017 - 22:28 WIB
Atraksi Tim Jupiter...
Atraksi Tim Jupiter di Langit Pantai Losari Makassar Pukau Pengunjung
A A A
MAKASSAR - Aksi Jupiter Aerobatic Team dengan enam pesawat di atas langit Pantai Losari, Makassar, Rabu (6/9/2017), memukau para pengunjung Makassar International Eight Festival and Forum atau F8. Saat menyaksikan mereka beraksi selama 15 menit di udara, para pengunjung pun terus berdecak kagum.

Reaksi pengunjung yang sangat antusias disambut gembira Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny'Pomanto. Sebagai penggagas kegiatan bertaraf internasional itu, dia mengaku sangat bersyukur melihat para pengunjung yang terpukau. Dia juga beryukur karena acara F8 itu mendapat dukungan dari semua pihak sehingga berjalan lancar.

“Kita lihat ada pertunjukan udara, laut, dan jug ada di darat. Pertunjukan ini berpadu dengan alam Makassar yang begitu indah. Tinggal kita isi dengan kegiatan seperti ini. Alhamdulillah F8 tahun ini dihadiri 24 negara dan kita telah dua tahun melaksanakannya,” paparnya.

Atraksi Jupiter Aerobatic Team yag lebih dikenal dengan The Jupiters ini diawaki oleh instruktur penerbang TNI AU dengan menggunakan enam pesawat KT-1B Wong Bee. Mereka khusus dihadirkan untuk mengawali rangkaian kegiatan F8.

Leader atau Jupiter 1 dalam tim aerobatic ini adalah Letkol Pnb Kisha 'Razor' yang sehari-hari menjabat sebagai komandan skadron udara pendidikan 102 di Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Pilot lainnya, yakni Right Wingman atau Jupiter 2 adalah Mayor Pnb Idam 'Godham' Satria, lalu Left Wingman atau Jupiter 3 Mayor Pnb Ferdian 'Corbie' Habibi, Slot Mayor (Jupiter 4) Pnb Iwan 'Gobang' Setiawan, Jupiter 5 Letkol Pnb Marcell 'Linger', dan Jupiter 6 Letkol Pnb Frando 'Fennec' Marpaung.

Atraksi pertama yang mereka pertunjukkan adalah Jupiter Roll. Sebagai salam pembuka, keenam pesawat mendemonstrasikan kekompakan tim. Lalu disusul dengan atraksi Barrel Roll, dimana para Jupiters membentuk formasi mata panah.

Formasi ini dikenal dengan nama Arrow Head Formation. Keenam pesawat melanjutkan dengan vertical manuver ditambah roll pada sumbu longitudinal dengan jarak yang sangat dekat. Selain itu, tim juga menampilkan manuver lainnya yang juga memukau para pengunjung.

Jupiter Aerobatic Team tidak hanya sekali ini menunjukkan performa terbaiknya di Indonesia. Sebagai duta udara Indonesia, The Jupiters juga telah berkiprah di kancah internasional. “Kami atas nama tim sangat berterima kasih kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto karena bisa diundang tampil di Makassar International Eight Festival and Forum ini,” kata Kapten RS Anggoro yang saat itu bertindak sebagai narator.

Selain penampilan Jupiter, atraksi tiga pesawat tempur sukhoi juga hadir mewarnai event F8 ini dengan berbagai atraksinya. Penampilan para penerbang ini akan hadir kembali pada hari kedua penyelenggaran F8, Kamis, 6 September 2017.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4704 seconds (0.1#10.140)