Forum Kiai Kampung Jatim Ingin Pasangkan Gus Ipul-Kanang di Pilgub

Selasa, 05 September 2017 - 21:28 WIB
Forum Kiai Kampung Jatim Ingin Pasangkan Gus Ipul-Kanang di Pilgub
Forum Kiai Kampung Jatim Ingin Pasangkan Gus Ipul-Kanang di Pilgub
A A A
SURABAYA - Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) berharap Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menggandeng Budi Sulistiyono (Kanang) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2018. Bagi FK3JT, Bupati Ngawi itu kunci untuk memenangi kontestasi 2018 nanti.

Selain memiliki basis massa cukup besar di kawasan Mataraman, Kanang juga dianggap potensial karena mewakili kelompok nasionalis. “Ini tentu akan menjadi pelengkap bagi Gus Ipul sebagai wakil dari kelompok religius,” kata Ketua FK3JT KH Fahrur Rozi, Selasa (5/9/2017).

Fahrur menyampaikan, selain nama Kanang, memang ada empat nama yang digadang-gadang menjadi pendamping Gus Ipul. Keempatnya yakni, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kusnadi. Namun, potensi keempat kandidat tersebut dinilai masih jauh di bawah Kanang.

“Pak Kanang sudah teruji, terutama di wilayah Mataraman. Tentu ini akan menjadi modal berharga bagi Gus Ipul. Sebab, dia bisa mendulang suara signifikan di wilayah Mataraman. Apalagi, Pak Kanang juga punya prestasi di Kabupaten Ngawi,” tuturnya.

Gus Fahrur mengingatkan, di konstelasi politik Jatim ada istilah Naga Hijau dan Naga Merah. Naga Hijau mewakili Nahdliyyin dan Naga Merah mewakili nasionalis. Kombinasi inilah yang dianggap cukup ideal dan tidak boleh ditinggalkan. “Nah, Gus Ipul dan Pak Kanang itu cocok dengan istilah itu. Gus Ipul representasi Islam religius/nahdliyyin dan pak Kanang nasionalis. Ini akan sangat luar biasa. Apalagi, Pak Kanang juga punya prestasi selama dua periode memimpin Ngawi,” paparnya.

Karena itu, aspirasi tersebut akan disampaikan kepada PKB sebagai partai pengusung Gus Ipul. FK3JT juga akan mendatangi kantor DPD PDIP Jatim untuk menyampaikan keinginan itu. Dia berharap, elite PDIP bisa memikirkan pasangan tersebut untuk didaftarkan dalam Pilgub Jatim 2018 nanti. “Saya akan datangi PDIP bersama seluruh kampung. Kami berharap agar aspirasi duet pasangan ini dipikirkan oleh PDIP dan PKB,” ujarnya.

Bagi PKB, keinginan PK3JT tampaknya tidak akan sulit. Sebab, beberapa waktu lalu, PKB juga menyatakan keinginannya untuk bergandengan dengan PDIP. Tak hanya itu, PKB bahkan menyerahkan sepenuhnya kepada PDIP mengenai sosok yang akan diusung sebagai pendamping Gus Ipul. “Terserah PDIP, siapa yang diberi rekomendasi. Yang pasti, kami ingin membangun koalisi dengan mereka,” kata Sekretaris DPW PDIP Badrut Tamam beberapa waktu lalu.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7644 seconds (0.1#10.140)