Bupati Dedi dan Pejabat Galang Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

Senin, 04 September 2017 - 15:41 WIB
Bupati Dedi dan Pejabat Galang Bantuan untuk Pengungsi Rohingya
Bupati Dedi dan Pejabat Galang Bantuan untuk Pengungsi Rohingya
A A A
PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan pejabat eselon mengumpulkan dana kemanusiaan untuk Muslim Rohingya, Myanmar, di Bale Maya Datar, kompleks Setda Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), Senin (4/9/2017). Mereka menargetkan dapat mengumpulkan Rp200 juta dalam aksi simpatik itu.

Sebelumnya, Dedi mengumpulkan seluruh pejabat eselon II sampai IV yang berada di lingkungan Pemkab Purwakarta. Setelah menyampaikan sambutan, tiba-tiba saja bupati menyediakan sebuah gentong kecil di tengah-tengah dan menyerukan pengumpulan dana untuk etnis Rohingya.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, hari ini kami melakukan aksi nyata, bukan sekadar mengecam. Kami kumpulkan dana untuk masyarakat Rohingya. Semoga bisa meringankan beban mereka,” kata Dedi.

Dia pun mengimbau agar semua komponen masyarakat tidak memperuncing konflik di salah satu negara anggota ASEAN tersebut dan membawanya menjadi sentimen SARA di Indonesia. Pada prinsipnya, imbuh dia, penyelesaian masalah ini harus berpijak pada nilai kemanusiaan sebagai dasar perdamaian.

“Siapapun yang menghilangkan nyawa orang ataupun komunitas, itu tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapun. Perbuatan keji itu bertentangan dengan nilai kemanusiaan,” ujarnya.

Semua dana yang terkumpul itu akan disalurkan ke Muslim Rohingya melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Menurut Dedi, penyerahan akan langsung dilakukan begitu dana sudah terkumpul semua.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7127 seconds (0.1#10.140)
pixels