Keren, Polsek Ini Bisa Bangun 32 Rumah Tak Layak lewat Kencleng

Selasa, 29 Agustus 2017 - 12:23 WIB
Keren, Polsek Ini Bisa Bangun 32 Rumah Tak Layak lewat Kencleng
Keren, Polsek Ini Bisa Bangun 32 Rumah Tak Layak lewat Kencleng
A A A
BANDUNG - Apa yang dilakukan anggota Polsek Ibun, Polres Bandung ini, bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Mereka secara sukarela menggalang dana untuk memperbaiki rumah tidak layak huni (rutilahu) yang ada di wilayahnya.

Melalui program Kencleng Jumat atau celengan dari para anggotanya yang digagas sejak 2016, total sudah ada 32 rutilahu yang diperbaiki ditambah tujuh musala dan masjid. Mulai dari perbaikan ringan, sedang, hingga total. Seperti di Desa Cibeet, Sudi, Lampegan, Taluntangulun, Mekarwangi, Laksana, Karyalaksana, dan Desa Pangguh.

"Ide Kencleng Jumat ini digagas sejak tahun 2016 lalu dan alhamdulilah terus berlanjut sampai sekarang," tutur Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi, Selasa (28/8/2017).

Asep menjelaskan, awalnya dulu ada program Jumat Berbagi yang sasarannya untuk menyantuni anak yatim piatu dan jompo. Mereka diundang ke polsek sebagai upaya mempererat hubungan silaturahmi antara anggota Polsek Ibun dengan masyarakat. Sebab, pada dasarnya keberadaan polisi adalah sahabat bagi masyarakat.

Setelah berjalan 10 bulan kemudian, ada temuan warga jompo yang tidak punya sanak saudara. Rumahnya gubuk dan hampir rubuh. Akhirnya dana dari program kencleng Jumat Berbagi itu dialihkan untuk membangun rutilahu. Bantuan yang diberikan ada juga yang berbentuk barang seperti semen dan material lainnya.

"Kencleng ini tidak ada target, semua anggota menyumbang seridonya. Kalau kurang pun, kami mengutang ke toko bangunan untuk kemudian nanti dibayar ketika uang sudah terkumpul lagi," tuturnya.

Dia pun merasa bersyukur program ini mendapatkan dukungan dari masyarakat baik materi ataupun tenaga. Terlebih program ini tujuannya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu sekaligus untuk beramal. "Semoga program ini berkelanjutan, istiqomah, dan bermanfaat kepada masyarakat," pungkasnya.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1448 seconds (0.1#10.140)