Desa Wisata Suloara dan Swisscontact Gelar Aksi Bersih-Bersih di Gunung Sesean

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 18:46 WIB
Desa Wisata Suloara dan Swisscontact Gelar Aksi Bersih-Bersih di Gunung Sesean
Desa Wisata Suloara dan Swisscontact Gelar Aksi Bersih-Bersih di Gunung Sesean
A A A
TORAJA UTARA - Lembaga Desa Wisata Suloara, Kecamatan Sesean Suloara bekerja sama dengan Swisscontact Wisata menggelar aksi bersih-bersih Gunung Sesean. Aksi bersih-bersih ini untuk menyukseskan program Toraya Masero yaitu program pemerintah untuk mewujudkan Toraja Bersih.

Kepala Lembang Suloara, Agus Seden mengatakan, Gunung Sesean merupakan gunung tertinggi di Toraja yang menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Toraja. Gunung Sesean menjadi primadona para pendaki dan wisatawan yang ingin menikmati kesejukan dan keindahan alam dari puncak Gunung Sesean yang berada di ketinggian sekitar 2.100 meter dari permukaan laut (MDPL).

Sedangkan Desa Suloara merupakan salah satu jalur pendakian gunung Sesean favorit bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang punya hobi mendaki. Sayangnya, masih banyak pendaki yang kurang bertanggungjawab untuk menjaga kelestarian dan kebersihan Gunung Sesean.

Sepanjang jalur pendakian, banyak terdapat sampah-sampah yang dibuang di sembarang tempat sehingga membuat lingkungan Gunung Sesean nampak jorok, kotor, dan tidak indah dipandang mata. Guna mengurangi sampah di sepanjang jalur pendakian gunung Sesean, Lembaga Desa Wisata Suloara bekerja sama dengan Swisscontact wisata melaksanakan aksi bersih gunung Sesean.

“Tujuannya, untuk mengajak para pendaki menjaga kebersihan gunung Sesean. Aksi bersih ini juga menandai pencanangan Gunung Sesean sebagai kawasan bebas sampah. Lembaga wisata desa Suloara juga mewajibkan setiap pendaki sebelum mendaki gunung Sesean wajib melapor di pos dan akan diberikan tas karung agar membawa kembali sampahnya,” kata Agus Seden, Sabtu (26/8/2017).

Schizt Olivia, seorang wisatawan asal Prancis yang ikut dalam aksi bersih-bersih Gunung Sesean mengatakan, sampah yang dibuang sembarangan para pendaki dapat merusak ekosistem. Dia berharap, para pendaki bisa lebih menjaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Gunung Sesean adalah milik semua. Jadi harus dijaga dan dirawat agar semua bisa merasakan indahnya alam Toraja,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7677 seconds (0.1#10.140)