Pertama di Indonesia-Dunia, Sumsel Miliki Embarkasi Haji Terpadu

Selasa, 08 Agustus 2017 - 16:21 WIB
Pertama di Indonesia-Dunia, Sumsel Miliki Embarkasi Haji Terpadu
Pertama di Indonesia-Dunia, Sumsel Miliki Embarkasi Haji Terpadu
A A A
PALEMBANG - Sumsel miliki kawasan embarkasi haji terpadu pertama di Indonesia, dengan fasilitas bentuk dan ukuran sama dengan di tanah suci Mekkah. Kawasan terpadu yang mulai dibangun sejak 2014 ini diresmikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Selasa (8/8/2017).

“Ini semata-mata untuk kepentingan umat, hanya Sumsel yang konsisten dengan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Berlokasi di sebelah Asrama Haji Palembang, kawasan terpadu Embarkasi Haji Provinsi Sumsel ini nantinya bisa digunakan calon jamaah haji dan jamaah umrah di Sumsel untuk manasik sebelum menjalankan ibadah di Tanah suci.

Saat ini Kawasan Terpadu Embarkasi Haji Provinsi Sumsel dilengkapi Kakbah ukuran sebenarnya, Lintasan Sai, latihan melempar jumrah, mock-up pesawat, Museum Islam, dan Hotel Syariah.

Gubernur Alex menyebutkan, Sumsel satu-satunya Provinsi di dunia yang memiliki kawasan terpadu embarkasi haji. Tidak ada tempat seperti ini di dunia. “Banyak provinsi yang lebih kaya dari Sumsel. Tapi Alhamdulillah hanya Sumsel yang punya kawasan terpadu embarkasi haji,” ujarnya.

Untuk Mock-up pesawat jenis Airbus 320. Nantinya, para jamaah dapat belajar dalam menggunakan kamar kecil di dalam pesawat mengingat jarak dari Indonesia menuju Tanah suci Mekkah sangat panjang.

Untuk Lintasan Sai antara Bukit Safa dan Marwa sepanjang 450 meter dengan suasana lintasan Sai seperti bentuk sebenarnya dan dengan interior menyerupai seperti yang ada di Kompleks Masjidil Haram.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7639 seconds (0.1#10.140)
pixels