DPD PDIP Jabar Petakan Kekuatan Jelang Pilkada Serentak

Sabtu, 22 Juli 2017 - 16:29 WIB
DPD PDIP Jabar Petakan Kekuatan Jelang Pilkada Serentak
DPD PDIP Jabar Petakan Kekuatan Jelang Pilkada Serentak
A A A
BANDUNG - Untuk menghadapi pesta demokrasi pilkada serentak 2018 di Jawa Barat, pengurus dan kader DPD PDIP Jabar menggelar rapat kerja daerah (rakerda) di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Sabtu (22/7/2017). Rapat ini merupakan momentum konsolidasi, penyiapan strategi, dan pemetaan kekuatan partai untuk memenangkan pilkada serentak 2018 di Jabar.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, rakerda membahas secara khusus tahapan-tahapan pilkada dan nama-nama tokoh yang telah dijaring lewat penjaringan terbuka. Sehingga, rakerda berbicara tentang aspek-aspek strategi dan teknis tahapan-tahapan pilkada serentak, seperti kapan pelatihan-pelatihan saksi, manajer kampanye, dan sekolah partai dilakukan. Sehingga, ketika rekomendasi turun, seluruh jajaran partai sudah siap.

Hasto mengemukakan, Jawa Barat merupakan daerah penting dan strategis bagi PDIP. Karena itu, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meminta seluruh struktural dan kader partai bergerak dengan menggelorakan semangat perjuangan agar dapat memenangkan pilkada serentak, khususnya di Pilgub Jabar 2018.

"Tadi juga telah dipetakan dari seluruh daerah yang akan menggelar pilkada serentak di Jabar (16 kota/kabupaten dan Provinsi Jabar). Daerah mana yang kemungkinan besar menang, daerah mana yang masih 50:50, dan daerah mana partai lemah sehingga harus dilakukan penguatan, termasuk jemput bola untuk mencari tokoh-tokoh yang punya kemampuan untuk menyelesaikan masalah rakyat," kata Hasto seusai pembukaan Rakerda DPD PDIP Jabar.

Menurut Hasto, strategi PDIP di Pilgub Jabar dan pilkada serentak, tetap berdasarkan kekuatan gotong royong. Secara ideal, partai menyiapkan calon dari internal partai, tetapi rakyat yang akan menentukan sebagai hakim tertinggi. PDIP akan melihat elektabilitas tokoh di Jawa Barat. "Skenario yang dilakukan PDIP adalah perpaduan calon eksternal dan internal partai, baik untuk cagub maupun wagub."

Ditanya tentang daerah yang berpotensi menang, Hasto mengemukakan, daerah-daerah yang saat ini bupati atau wali kotanya merupakan incumbent atau petahana dari PDIP, seperti Kabupaten Bandung Barat, Kota Cirebon, dan Majalengka.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7403 seconds (0.1#10.140)