Cak Nun: Indonesia Sudah Khilafah

Rabu, 19 Juli 2017 - 21:39 WIB
Cak Nun: Indonesia Sudah Khilafah
Cak Nun: Indonesia Sudah Khilafah
A A A
SURABAYA - Emha Ainun Nadjib menyatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini sudah dalam bentuk khilafah. Sebab, negara ini dibentuk bertujuan mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi warganya.

Hal itu disampaikan Cak Nun, panggilan akrab Emha Ainun Nadjib sesaat sebelum acara Halalbihalal Arek Suroboyo Rabu (19/7/2017) malam. Cak Nun menjelaskan, khilafah yang dimaknai oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) adalah konsep matang dan Tuhan. Manusia tinggal menerapkannya saja. Padahal, kata dia, khilafah itu seperti benih yang akan tumbuh menyesuaikan negara masing-masing. “Khilafah itu bentuknya bisa kerajaan, kesultanan, republik, macam-macam. Yang penting bisa adil satu sama lain,” ujarnya.

Tokoh kelahiran Jombang, Jawa Timur (Jatim) ini enggan mengomentari keluarnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Namun menurut dia, terbitnya regulasi tersebut hasil dari ketikdakseimbangan dalam pengelolaan berbangsa dan bernegara. “Ke depan, kita harus mampu mencari tokoh yang mampu membawa Indonesia ke dalam keseimbangan. Kalau tidak seimbang, ibarat manusia, jalan akan pincang, telinga tidak mampu mendengar dan lain-lain,” paparnya.

Terkait acara Halalbihalal Arek Suroboyo yang diselenggarakan Sigit Haryo Wibisono (SHW) Center, Cak Nun menilai ini acara yang baik. Sebab lokasinya berada di Surabaya. Dia menilai, Surabaya merupakan barometer perpolitikan Indonesia. Kota Pahlawan ini, kata dia, bisa menjadi titik balik kebangkitan Indonesia dari keterpurukan. “Acara ini (Halalbihalal Arek Suroboyo) bertujuan agar kita tidak putus asa. Saya akan banyak membahas persoalan kebangsaan dalam acara ini,” pungkasnya.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6718 seconds (0.1#10.140)