Ratusan Kapal Luar Daerah Berlabuh di Lokasi Kebakaran

Rabu, 19 Juli 2017 - 09:03 WIB
Ratusan Kapal Luar Daerah...
Ratusan Kapal Luar Daerah Berlabuh di Lokasi Kebakaran
A A A
PATI - Lokasi terbakarnya 12 kapal di kawasan Pulau Seprapat, Juwana, Pati, Jawa Tengah, menjadi tempat favorit untuk menyandarkan kapal. Tak hanya nelayan setempat, ratusan kapal dari luar daerah juga turut berlabuh di lokasi tersebut.

"Lokasi itu memang tempat bersandar kapal, tidak hanya satu atau dua tapi ribuan. Banyak kapal dari Batang, Pekalongan, Rembang, bahkan hingga Cirebon. Sebelum Lebaran Idul Fitri kapal-kapal itu bersandar di sini. Kalau kapal orang Juwana itu jumlahnya sekira 600-an unit," kata Bupati Pati, Haryanto, Selasa (18/7/2017).

Menurutnya, banyak pemilik kapal yang memilih lokasi tersebut karena aman dari gempuran ombak. Berbeda dengan lokasi berlabuh di daerah lain, yang berada di pantai sehingga langsung berbatasan dengan laut. Selain itu, mereka juga tak perlu khawatir terhadap aksi pencurian yang menyasar isi kapal.

"Kapal-kapal luar daerah banyak karena di situ aman dari pencurian dan gelombang. Tapi kalau di luar Pati berlabuhnya kan di pinggir pantai, pinggir laut, sehingga terkena ombak. Belum lagi ada pencurian lampu, dan sebagainya. Kalau di Pati aman karena kebanyakan warga juga nelayan yang rata-rata punya kapal sehingga tidak ada pencurian," jelasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)