Hindari Kepadatan, Mudik Lebih Awal

Minggu, 11 Juni 2017 - 15:53 WIB
Hindari Kepadatan, Mudik Lebih Awal
Hindari Kepadatan, Mudik Lebih Awal
A A A
MERAK - Mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada tanggal 22-24 Juni 2017, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengajak masyarakat agar melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman sebelum puncak arus mudik.

"Kalau bisa jangan pulang beramai-ramai, berbondong-bondong serempak di saat puncaknya. Upayakan bertahap sebelumnya," kata Tito kepada wartawan saat meninjau persiapan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Minggu (11/6/2017).

Tito menambahkan, masyarakat yang akan kembali setelah mudik agar melakukan perjalanan sebelum puncaknya yang diprediksi terjadi pada tanggal 1-3 Juli 2017. "Kalau bisa hari Kamis (29 Juni) pulangnya supaya tidak terjadi penumpukan di hari dan waktu yang sama," ujarnya seraya menyebut tahun lalu di Pelabuhan Merak terjadi antrean panjang pada puncak arus mudik.

Para pemudik yang akan melakukan perjalanan jauh juga diimbau agar terlebih dahulu melakukan pengecekan mesin, ban, rem, dan yang lainnya. "Cek kondisi kendaraannya sebelum berangkat, karena kalau sudah mogok macet panjang bakal terjadi. Sediakan obat-obatan dan makanan dan minuman saat perjalanan mudik," ujar Tito.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1059 seconds (0.1#10.140)