Pekan Depan, DPRD Kota Yogyakarta Gelar Rapat Paripurna Istimewa

Sabtu, 29 April 2017 - 07:11 WIB
Pekan Depan, DPRD Kota Yogyakarta Gelar Rapat Paripurna Istimewa
Pekan Depan, DPRD Kota Yogyakarta Gelar Rapat Paripurna Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Pekan depan, DPRD Kota Yogyakarta menjadwalkan menggelar rapat paripurna (rapur) istimewa sebagai tindak lanjut rapat pleno penetapan pasangan calon (paslon) wali kota-wakil wali kota Yogyakarta terpilih oleh KPU Yogyakarta pada Kamis (27/4/2017) kemarin.

Ditargetkan, akhir Mei besok kepala daerah periode 2017-2022 bisa dilantik agar secepatnya mulai bekerja merealisasikan program dan janji-janjinya selama masa kampanye.

"SK penetapan paslon terpilih dalam pleno KPU sudah kami terima. Jadi pekan depan akan kita jadwalkan rapur istimewa karena batasan maksimal lima hari setelah hari penetapan oleh KPU," kata Wakil Ketua I DPRD Kota Yogyakarta M Ali Fahmi, Jumat (28/4/2017).

Dalam rapur istimewa, pimpinan Dewan akan mengumumkan kepada anggota Dewan terkait hasil pleno KPU yang menetapkan paslon nomor urut 2 Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi sebagai paslon terpilih dalam Pilkada Yogyakarta 2017. Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah berkirim surat ke Gubernur DIY.

"Nanti gubernur yang melantik, jadwal dan lokasinya nanti juga manut gubernur apakah akan di kota atau di provinsi," jelasnya.

Saat disinggung apakah kemungkinan akan ada tarik ulur dalam rapur istimewa nanti, Fahmi memprediksi hal itu tak akan terjadi karena KPU sudah mengeluarkan SK penetapan paslon terpilih dan sesuai aturan perundangan harus secepatnya ditindaklanjuti. "Jadi kami harap akhir Mei kepala daerah definitif sudah bisa dilantik dan mulai bekerja."

Terpisah, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sulistiyo memastikan akan mengawal proses pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih agar berjalan lancar dan sesuai dengan mekanisme yang diatur perundangan. "Kami berharap Kementerian Dalam Negeri cepat memprosesnya," kata Sulistiyo.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7696 seconds (0.1#10.140)