Ikan Terancam Langka, Polres Demak Razia Jaring Bolga

Kamis, 06 April 2017 - 09:00 WIB
Ikan Terancam Langka, Polres Demak Razia Jaring Bolga
Ikan Terancam Langka, Polres Demak Razia Jaring Bolga
A A A
DEMAK - Polda Jateng dan Sat Polair Demak menggelar razia terhadap nelayan yang menggunakan jaring jenis Bolga karena dinilai mengancam kelangsungan ekosistem di perairan Demak, Jawa Tengah. Petugas gabungan menyisir perairan Ujung Menco dan memeriksa seluruh nelayan yang akan melaut.

"Anggota Sat Polair bersama personel dari Polda Jateng dan dinas terkait merazia nelayan-nelayan yang biasa beroperasi di Menco. Hasilnya terdapat puluhan nelayan yang menggunakan jaring tersebut (Bolga)," kata Kabag Ops Polres Demak, Kompol Sutomo.

Menurut Sutomo, polisi hanya memberikan pembinaan terhadap nelayan yang menggunakan jaring Bolga. Sebab, penggunaan jaring itu tak hanya menangkap ikan berukuran besar, tapi juga anak ikan yang masih kecil ikut terbawa.

"Kami tidak memberikan sanksi atau menyita jaring Bolga, tetapi hanya memberikan pembinaan agar mereka tak lagi pakai jaring seperti itu. Jika masih pakai jaring itu, maka ke depannya ikan-ikan akan semakin langka karena yang kecil-kecil juga ikut terjaring," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3871 seconds (0.1#10.140)