Puluhan Tahun Banser NU Ikut Amankan Perayaan Nyepi di Buleleng

Selasa, 28 Maret 2017 - 13:19 WIB
Puluhan Tahun Banser NU Ikut Amankan Perayaan Nyepi di Buleleng
Puluhan Tahun Banser NU Ikut Amankan Perayaan Nyepi di Buleleng
A A A
BALI - Sudah 29 tahun Banser Nahdlatul Ulama (NU) di Desa Banyu Poh, Grogak, Bululeleng terlibat dalam pengamanan perayaan Hari Raya Nyepi.

Ketua Banser NU Desa Banyu Poh Misnari mengatakan, sebelum menjadi Banser, NU sebelumnya punya cabang organisasi yang namanya Pagar Nusa. Sejak namanya Pagar Nusa umat muslim di Bali terutama di Banyu Poh sudah terlibat pengamanan perayaan Hari Raya Nyepi.

"Sejak tahun 1988 kami sudah terlibat dalam pengamanan perayaan Nyepi," ujarnya di Desa Bayu Poh, Grogak, Buleleng, Selasa (28/3/2017).

Dia menuturkan, ketika berada di Bali harus ikut bertoleransi. "Kami sebagai umat muslim yang tinggal di Bali juga ikut bergabung dengan Pecalang dan linmas ikut mengamankan jalannya Nyepi. Toleransi antar umat beragama itu sangat penting," terangnya.

Misnari menyarankan, bila mengenai keamanan wilayah janganlah mengatasnamakan agama apapun. Menurutnya semua umat beragama harus mengambil bagian.

"Saran kami sebagaimana dalam hal keamanan tidak membawa agama. Kita ingin merangkul semuanya sehingga bisa aman dan damai," terangnya.

Hal itu juga diakui oleh Ketua Pecalang Desa Banyu Poh, Anak Agung Rai Susila. "Toleransi antar umat beragama di sini sangat kental sekali. Banser dari dulu sudah terlibat dalam pengamanan Nyepi," terangnya.

Dia menegaskan, bahwa keharmonisan antar umat beragama sangat penting. "Kami di sini tidak pernah merasa keberatan ketika umat lain membantu kami. Justru kami sangat terbantu dengan adanya mereka yang terlibat dalam hal ini," ucapnya.

Menurutnya, ketika ada kesalahpahaman antar umat ketika perayaan Nyepi, justru para Banser inilah yang akan menjelaskan kepada mereka. "Mudah-mudahan tidak ada apa-apa. Yang jelas ketika ketika ada masalah mereka juga akan ikut menangani,"jelasnya.

Pihaknya berharap situasi bisa aman dan terkendali hingga besok Rabu 29 Maret 2017. Dia pun berterima kasih kepada para Banser NU yang mengambil bagian mengamankan Nyepi.

"Harapan kami seperti itu, mudah-mudahan Nyepi kali ini bisa aman dan damai. Dan kami bisa hidup rukun saling menjaga," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6828 seconds (0.1#10.140)