Dr Wahidin Sudirohoesoedo, Penggagas Budi Utomo yang Dicintai Rakyat

Sabtu, 25 Maret 2017 - 05:00 WIB
Dr Wahidin Sudirohoesoedo, Penggagas Budi Utomo yang Dicintai Rakyat
Dr Wahidin Sudirohoesoedo, Penggagas Budi Utomo yang Dicintai Rakyat
A A A
Wahidin Soedirohoesodo adalah Pahlawan Nasional Indonesia yang punya peran penting dalam berjalannya organisasi Budi Utomo. Ia mungkin tidak secara langsung menjadi pendiri organisasi tersebut, namun ia adalah salah satu penggagasnya. Banyak hal yang telah dilakukan oleh organisasi hasil bentukan pelajar School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen ini.

Wahidin Soedirohoesodo lahir pada 7 Januari 1852. Pria berdarah Sleman, Yogyakarta ini sempat mengenyam pendidikan SD di Yogyakarta.

Setelah tamat, ia lantas melanjutkan pendidikan di Europeesche Lagere School. Baik sekolahnya yang sekarang dan sebelumnya sama-sama berada di Yogyakarta.
Setelah tamat dari sana, ia kembali melanjutkan sekolah di sekolah dokter.

Pada jamannya, sekolah yang berjuluk STOVIA tersebut merupakan salah satu sekolah bergengsi dimana banyak pahlawan kita juga sempat mengenyam pendidikan disana.

Sudirohusodo sangat suka bercengkerama dengan masyarakat biasa. Itulah mengapa banyak orang sangat cinta kepadanya. Dari sana ia juga belajar bahwa hidup rakyat biasa tidak seenak mereka yang berada di atas.

Ia mulai belajar untuk memahami nasib rakyat yang tertindas oleh pemerintahan kolonial. Ia menekankan bahwa untuk bebas dari belenggu penjajahan, rakyat harus lebih cerdas.

Salah satu caranya adalah melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya. Setelah menamatkan studi dan berhasil menjadi dokter, ia memakai keahliannya tersebut untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Ia dengan sukarela mengobati rakyat tanpa meminta imbalan. Selain punya keahlian medis, Wahidin Soedirohoesodo juga ternyata sangat menyukai seni suara. Ia bahkan bisa memainkan gamelan dengan baik.

Selain itu, ia aktif untuk bertemu tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai tempat di Pulau Jawa. Pertemuan tersebut tidak hanya temu kangen semata, tapi ia mengajak para tokoh untuk menyisihkan uang supaya bisa membantu rakyat yang membutuhkan sekolah. Namun usahanya tersebut tidak mendapatkan sambutan hangat dari para tokoh.

Ia tak patah arang, berikutnya ia mengajak pelajar dari STOVIA untuk mendirikan organisasi supaya bisa membantu rakyat kecil mengenyam pendidikan yang lebih baik.

Puncaknya, Sutomo beserta beberapa rekan lainnya mendirikan organisasi bernama Budi Utomo. Organisasi yang didirikan pada 20 Mei 1908 merupakan organisasi penting bagi perjuangan rakyat Indonesia.

Mengingat pentingnya organisasi tersebut, 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Sudirohusodo meninggal 26 Mei 1917, jenazahnya dikebumikan di kampung halaman Yogyakarta, tepatnya di Desa Mlati.

Sumber:
wikipedia
biografipahlawan
diolah dari berbagai sumber
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6946 seconds (0.1#10.140)