Cari Ongkos ke Macau China, Mantan 'Duta' Ini Menjambret

Jum'at, 24 Maret 2017 - 20:58 WIB
Cari Ongkos ke Macau China, Mantan Duta Ini Menjambret
Cari Ongkos ke Macau China, Mantan 'Duta' Ini Menjambret
A A A
Berdalih untuk pergi ke Kota Macau, China membuat Hendra Gunawan alias Enja (31) nekad menjambret di Jalan Kapten Anwar Sastro, Jumat (24/3/2017) sekitar pukul 14.30 WIB.

Nahasnya, setelah berhasil menjambret tas korbannya, tersangka yang beraksi seorang diri dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Vixion BG 5282 ABI terjebak kemacetan di tempat kejadian perkara (TKP).

Di tengah kemacetan tersebut, tersangka yang berusaha menerobos malah menabrak mobil yang dikemudikan oleh Amanda. Tak pelak pelaku menjadi bulan - bulanan warga yang kesal dengan aksinya.

Beruntung, tersangka yang babak belur dihakimi massa ini, dapat diselamatkan petugas Polsek Ilir Timur I, yang kebetulan melintas di lokasi kejadian. Kini, tersangka mendekam di sel tahanan Polsek IT I.

Ditemui di Mapolsek IT I, tersangka Enja mengaku sebelum kejadian dirinya baru pulang menggadaikan emas dan hendak menagih utang di Kawasan 26 Ilir, namun tidak berhasil lantaran tidak ada orangnya.

"Aku benar-benar lagi buntu (tidak ada yang). Pas melihat korban langsung saya tarik saja tas dia," ungkap mantan residivis kasus narkoba ini.

Usai mendapatkan tas korban, dirinya berusaha menerobos kemacetan di sekitar TKP. Sialnya, saat melaju dengan motornya, dirinya menabrak mobil milik Amanda.

"Saya sempat ditolong warga sekitar. Tapi, korban yang mengejar saya lalu berteriak. Apalagi setelah warga melihat saya bawa senjata api," ujar dia.

Selain tidak ada uang, tersangka juga mengaku butuh modal untuk berangkat ke Macau. Diakuinya, dia merupakan mantan 'Duta' di Kuala Lumpur, Malaysia dan Singapura. Bahkan, dirinya sempat melakukan tindak kriminal di dua negara tersebut sejak 2010 - 2013.

"Saya tinggal di Batam, dan pulang pergi Malaysia dan Singapura. Di kedua negara itu, saya mencopet. Saya juga pernah dipenjara selama empat bulan," tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek IT I, Kompol Rivanda didampingi Kanit Ipda Alkap membenarkan sudah mengamankan tersangka jambret dengan barang bukti tas korban, sepeda motor tersangka, senpi rakitan jenis revolver dengan empat amunisi.

"Awalnya dikira korban Lakalantas, dan ditolong warga ternyata ada senpi kemudian langsung diamankan anggota kita," kata dia seraya menambahkan senpi masih diselidiki.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7134 seconds (0.1#10.140)