Begini Cara Ridwan Kamil Antisipasi Banjir di Bandung

Selasa, 21 Februari 2017 - 13:59 WIB
Begini Cara Ridwan Kamil...
Begini Cara Ridwan Kamil Antisipasi Banjir di Bandung
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkap langkah yang ditempuh Pemkot Bandung untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Tahun lalu, banjir besar terjadi di Bandung, di antaranya di kawasan Pasteur, Pagarsih, Astanaanyar, dan beberapa daerah lainnya.

Meski banjir hanya terjadi beberapa jam, tapi hal itu cukup banyak dikeluhkan warga. Sebab aktivitas warga terganggu, sejumlah kerugian pun dirasakan.

"Yang pertama, kita tetap fokus pada (perbaikan) gorong-gorong, setiap hari juga bekerja (perbaikan gorong-gorong)," kata Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Selasa (21/2/2017).

Pihaknya juga menyiapkan danau buatan yang totalnya ada delapan di berbagai titik di Kota Bandung. Saat ini, proyek tersebut sedang dalam proses lelang.

Diakuinya, pembuatan danau buatan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Apalagi proyek pengerjaannya harus dilakukan melalui lelang terlebih dulu.

"Yang danau itu kan sedang lelang semuanya. Jadi memang target kita untuk pengendalian banjir yang agak besar itu mungkin baru beres sekitar Agustus untuk mengantisipasi musim hujan nanti Oktober. Dulu kan kejadian (banjir besar) itu bulan Oktober," ucapnya.

"Saya sudah wanti-wanti dan ultimatum itu yang namanya danau-danau (buatan) yang jumlahnya sekitar delapan lokasi itu harus beres Agustus atau September. Nah kalau itu jadi, mudah-mudahan tidak terjadi lagi banjir-banjir besar yang selama ini (terjadi)," jelas Emil.

Sementara untuk jangka pendek, Pemkot Bandung terus menggenjot penyelesaian perbaikan drainase di berbagai lokasi. Dengan berbagai cara yang dilakukan, ia berharap secara perlahan banjir tidak lagi terjadi di Kota Bandung.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6726 seconds (0.1#10.140)