Berdalih Pogram Transmigrasi, Iwan Tipu Ratusan Warga di Merangin

Minggu, 12 Februari 2017 - 16:58 WIB
Berdalih Pogram Transmigrasi, Iwan Tipu Ratusan Warga di Merangin
Berdalih Pogram Transmigrasi, Iwan Tipu Ratusan Warga di Merangin
A A A
MERANGIN - Iwan Wahyudi (27) warga Pelepat Ulu Kabupaten Muaro Bungo, Jambi diamankan Polsek Tabir karena telah melakukan penipuan ratusan warga.

Aksi penipuan ini berkedok program Transmigrasi, dimana kepada ratusan warga dijanjikan oleh pelaku akan mendapatkan program transmigrasi di kawasan Desa Batu Kerbau, Kecamatan Pelepat Ulu.

Karena percaya dengan pelaku, maka ratusan warga mengumpulkan uang kepada pelaku, dimana setiap Kepala Keluarga harus membayar Rp350 ribu sehingga uang yang terkumpul mencapai Rp 46.900.000.

Namun setelah satu minggu mengumpulkan uang, ternyata pelaku tidak lagi kelihatan, dan warga pun menanyakan program tersebut ke Instansi terkait.

Dan ternyata para warga baru mengetahui, kalau program tersebut sama sekali tidak ada, sehingga para warga baru sadar menjadi korban penipuan.

Aksi tersebut pun langsung dilaporkan ke Mapolsek Tabir, aparat yang mendapat laporan tersebut segera mencari keberadaan pelaku, dan akhirnya pelaku dapat ditangkap di Kecamatan Tabir, kabupaten Merangin, Jambi.

Kapolsek Tabir AKP Adri Karwono yang dikonfirmasi media ini membenarkan kejadian tersebut, dan mengatakan dari penangkapan tersebut pihaknya berhasil mengamankan barang bukti.

"Barang bukti yang kita amankan ada uang, kemudian daftar nama warga yang menjadi korban penipuan, saat ini pelakunya masih kita periksa," kata Kapolsek.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6947 seconds (0.1#10.140)