Disdik Jabar Minta Tanggung Jawab Penerbit Buku yang Memuat Palu Arit

Selasa, 24 Januari 2017 - 11:32 WIB
Disdik Jabar Minta Tanggung Jawab Penerbit Buku yang Memuat Palu Arit
Disdik Jabar Minta Tanggung Jawab Penerbit Buku yang Memuat Palu Arit
A A A
BANDUNG - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, akan meminta tanggung jawab penerbit buku kisi-kisi Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris yang memuat simbol palu arit. ‎"Kami akan meminta pertanggungjawaban, apakah mereka hanya mencetak saja, bisnis saja atau sudah ada kolaborasi dengan pembuatnya," jelasnya, Selasa (24/1/2017).

Seperti diketahui ‎gambar dengan motif Palu arit ini termuat jelas pada hal 16, dengan judul New Mentor: Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMA/MA 2016 yang terdiri dari 170 halaman. Pada halaman 16 di bagian latihan soal itu, termuat sebuah teks tulisan berjudul "Anouncing the Robert S Kenny Prize".

Tulisan tersebut menceritakan tentang penghargaan kepada pejuang buruh dan Marxis. Buku diketahui diterbitkan dari tim penulis dan media Buana Pustaka‎ dengan editor Qurrota Ayuni. ‎"Untuk penerbit sudah ketahuan," kata Ahmad Hadadi.

Ketika disinggung apa tindakan tegas yang dilakukan terhadap penerbit tersebut, Ahmad Hadadi mengatakan, itu melakukan pendalaman terlebih dahulu. Sampai saat ini, Disdik Jabar masih melakukan pendeteksian dan pendalaman dari penyebaran buku tersebut.

Sementara itu, kepolisian berkoordinasi dengan guru setempat untuk menarik kembali buku tersebut. "Hari ini rencananya, Fokindo (Forum Komunikasi Internal Daerah) akan mengundang Disdik, Polres dan kepala sekolah serta guru, untuk dirapatkan mengambil langkah selanjutnya," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5993 seconds (0.1#10.140)