Miris, Sampah di Lokasi Objek Wisata Batu Hiu Terbengkalai

Senin, 23 Januari 2017 - 16:30 WIB
Miris, Sampah di Lokasi Objek Wisata Batu Hiu Terbengkalai
Miris, Sampah di Lokasi Objek Wisata Batu Hiu Terbengkalai
A A A
PANGANDARAN - Penanganan sampah di lokasi objek wisata Batu Hiu yang di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi terbengkalai. Padahal diobjek wisata tersebut ada penarikan retribusi sampah yang dipungut dari pengunjung sebagai tiket masuk ke area wisata.

Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Objek Wisata Batu Hiu Jajat Sudrajat mengatakan, penanganan sampah terkesan belum maksimal lantaran petugas kebersihan dari pihak pemerintah hanya satu orang.

"Petugas sampah hanya mampu menangani sampah di lokasi sebelah barat saja sementara jantung wisatanya yang berlokasi di atas dan pantai timurnya tidak tertangani," kata Jajat.

Masih dikatakan Jajat, untuk penanganan sampah di lokasi wisata Batu Hiu saat ini hanya dilakukan oleh warga setempat secara sukarela, padahal setiap tahun retribusi sampah yang terkumpul mencapai puluhan juta.

"Tahun 2016 saja retribusi sampah yang dipungut dari pengunjung mencapai Rp.28.375.600 tetapi penanganan sampah belum maksimal," tambahnya.

Jajat berharap pihak pemerintah daerah segera melakukan penataan dan pengelolaan sampah lantaran selama ini objek wisata Batu Hiu terkesan terbengkalai dalam penanganan sampah.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Cucu Kurniawan mengatakan, pihaknya akan menambah personil petugas kebersihan di objek wisata Batu Hiu.

"Ke depan untuk petugas kebersihan di objek wisata Batu Hiu akan kami tempatkan dua orang," Cucu.

Cucu menambahkan, saat ini pihaknya telah menyimpan satu unit container bak sampah yang diharapkan penggunaannya bisa dimaksimalkan sesuai kebutuhan.

"Kami baru memiliki 25 unit container bak sampah, 2 unit damtruk dan 5 unit amrol untuk sarana dan fasilitas penanganan sampah,"pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0280 seconds (0.1#10.140)