Akses Jalan Provinsi di Brebes Putus Diterjang Longsor

Senin, 23 Januari 2017 - 09:51 WIB
Akses Jalan Provinsi di Brebes Putus Diterjang Longsor
Akses Jalan Provinsi di Brebes Putus Diterjang Longsor
A A A
BREBES - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sepanjang Minggu, 22 Januari 2017 malam, menyebabkan sejumlah lokasi di Kecamatan Salem dan Banjarharjo, diterjang longsor dan banjir. Longsor memutus akses jalan utama yang menghubungkan kedua wilayah tersebut.

Titik longsor yang memutuskan jalan provinsi tersebut berada di antaranya Desa Sindanghela, Kecamatan Banjarharjo. Badan jalan longsor sepanjang sekitar lima meter dan hanya menyisakan lebar jalan sekitar satu meter. Akibatnya, jalan tak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Seorang warga Desa Sindanghela, Komar Irawan (24) mengatakan, badan jalan longsor pada Minggu 22 Januari 2017 sekitar pukul ‎15.30 WIB saat turun hujan lebat. "Jalan mengalami longsor di dua titik," katanya, Senin (22/1/2017).

Menurut Komar, jalan yang mengalami longsor merupakan akses jalan utama penghubung Banjarharjo-Salem dan baru sekitar satu bulan lalu selesai diaspal. ‎Kondisi tanah yang labil membuat ruas jalan tersebut rawan longsor saat diguyur hujan deras.

"Ini sudah yang kedua kalinya jalan mengalami longsor. Kendaraan roda empat tidak bisa lewat sama sekali. Roda dua masih bisa melintas tapi harus hati-hati," ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Eko Andalas mengatakan, longsor yang terjadi sudah dilaporkan ke pemerintah provinsi karena jalan Salem-Banjarharjo merupakan ruas jalan provinsi. "Dari povinsi hari ini rencananya mau ke lokasi untuk melakukan perbaikan," katanya.

Menurut Eko, banjir di Kecamatan Salem, dipicu hujan deras dan meluapnya Sungai Cibinong. Namun, dia memastikan tidak ada warga yang harus mengungsi. "Kondisi sungai Cibinong sudah mulai surut," katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6565 seconds (0.1#10.140)