Mengenal Kardit, Beruang Kurus di KBB yang Jadi Sorotan

Sabtu, 21 Januari 2017 - 15:10 WIB
Mengenal Kardit, Beruang...
Mengenal Kardit, Beruang Kurus di KBB yang Jadi Sorotan
A A A
BANDUNG - Dalam beberapa hari ini, Kebun Binatang Bandung (KBB) kembali jadi sorotan karena ada beruang madu bertubuh kurus yang memakan feses alias kotorannya sendiri. Tidak hanya di dalam negeri, sorotan juga berasal dari internasional setelah kondisi itu diberitakan media luar negeri, salah satunya Daily Mail.

Video soal kondisi tubuh dan perilaku beruang yang diberi nama Kardit itu pun menjadi viral. Yayasan Scorpion Indonesia pun membuat petisi agar beruang itu diselamatkan.

Humas KBB Sudaryo pun mengungkap asal beruang tersebut. Kardit awalnya adalah peliharaan perorangan. Tapi, Kardit kemudian diserahkan ke KBB. "Kardit itu sumbangan dari masyarakat, diserahkan ke sini pada 1998," kata Sudaryo, Jumat (20/1/2017).

Saat itu, tidak diketahui pasti berapa usia Kardit. Tapi, saat ini usia beruang jantan itu diperkirakan lebih dari 20 tahun. "Saya kira dia beruang madu paling tua yang ada di sini," ungkapnya.

Di KBB total ada 11 beruang madu. Yang paling muda adalah beruang betina bernama Putri, dengan usia enam tahun. Sebagai beruang paling senior di KBB, Kardit seolah menjadi ikon dari seluruh koleksi beruang di lokasi. Kardit pun jadi salah satu tontonan favorit pengunjung.

Di kandangnya, Kardit ditempatkan bersama tiga beruang madu lainnya. Kardit pun sudah menjadi 'orang tua' karena sudah beberapa kali kawin dengan beruang betina dan menghasilkan beberapa anak. "Dia sudah kawin dan beranak, tapi saya lupa sudah berapa anaknya," ucap Sudaryo.

Pada Mei 2016, Kardit diperiksa tim dokter dari Taman Safari Indonesia. Hasilnya, diketahui terdapat investasi parasit. Bahkan, kotorannya positif mengandung larva cacing.

Kardit pun mendapat penanganan. Segala asupan gizi hingga vitamin diatur sedemikian rupa agar Kardit bisa segera pulih. Tapi, hingga kini Kardit memiliki tubuh kurus dan hal itu jadi sorotan.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat pun merespons dengan mengirim tim dokter untuk memeriksa Kardit beberapa hari terakhir. Tapi hasilnya belum diketahui apakah Kardit sudah benar-benar sehat atau tidak.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0514 seconds (0.1#10.140)