Tercebur Sumur Sedalam 30 Meter, Sumarni Berhasil Selamat

Kamis, 15 Desember 2016 - 21:21 WIB
Tercebur Sumur Sedalam 30 Meter, Sumarni Berhasil Selamat
Tercebur Sumur Sedalam 30 Meter, Sumarni Berhasil Selamat
A A A
MAGELANG - Sumarni alias Genduk (23), yang tercebur dalam sumur kedalaman 30 meter di Dusun Japunan RT 07/RW 03, Desa Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang berhasil diselamatkan.

Perempuan warga Tidar Waru RT 03/RW 04, Kelurahan Tidar Selatan, Kota Magelang tersebut, kemarin sempat dilarikan menuju Puskesmas Mertoyudan untuk mendapatkan pertolongan.

Informasi diperoleh menyebutkan, sekitar pukul 08.30 WIB, keheningan warga dikejutkan dengan suara teriakan keras meminta tolong.

Mendengar teriakan tersebut, warga yang berada dalam rumah, sebagian sedangkan melakukan aktivitas pagi, terus berlarian ke luar rumah. Warga, terus menuju ke arah datangnya teriakan minta tolong tersebut.

Salah seorang warga Sapto Harnanto (34) mengatakan, ketika itu sedang memasak di rumahnya, tiba-tiba mendengar teriakan orang minta tolong. Ia pun terus bergegas meninggalkan pekerjaan, menuju arah suara itu.

"Saya berlarian keluar rumah dikasih tahu Mbak Pami, kalau ada yang terjebur di sumur," ujarnya di sela-sela usai melakukan evakuasi terhadap korban.

Korban diduga bermaksud menuju kamar mandi di kompleks pabrik tahu milik majikannya, Mulyadi tersebut, tidak mengetahui di dekatnya ada sumur yang ditutupnya dengan bambu.

Diduga penutup sumur tersebut telah dimakan usia, sehingga saat terinjak korban masuk dalam sumur kedalaman 30 meter. "Warga kemudian berupaya mengevakuasi korban dengan peralatan seadanya," ujarnya.

Warga lainnya Slamet Riyanto (52), yang biasa membuat sumur kemudian mengikat tangga bambu dengan tambang terus dimasukkan dalam sumur tersebut.

Beruntung korban yang masih sadarkan diri tersebut memegang tangga bambu terus ditarik perlahan-lahan beberapa orang hingga berhasil dievakuasi. "Kami pakai cara ini, seperti saat kami membuat sumur," ujarnya.

Kejadian warga yang terjebur dalam sumur tersebut dilaporkan menuju Polsek Mertoyudan dan SAR Kabupaten Magelang.

Menindaklanjuti laporan tersebut, tak lama kemudian sejumlah petugas SAR maupun petugas BPBD Kabupaten Magelang, tiba di lokasi kejadian.

Namun demikian, saat petugas SAR tiba korban sudah berhasil dievakuasi warga dengan dibantu petugas.

Kemudian, petugas bersama warga mengangkat korban untuk dinaikan mobil guna diperiksakan di Puskesmas Mertoyudan guna mendapatkan perawatan.

"Saya saat menyelesaikan pekerjaan di rumah tetangga dikasih tahu ponakan kalau Genduk kecemplung sumur. Spontan, saya ke sini,” ujar Sulamiyah, 51, ibu korban yang sempat terharu memeluk anaknya setelah bertemu di Puskesmas Mertoyudan.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9069 seconds (0.1#10.140)