Libur Berakhir, Lalin Lembang-Kota Bandung Padat

Senin, 12 Desember 2016 - 16:41 WIB
Libur Berakhir, Lalin Lembang-Kota Bandung Padat
Libur Berakhir, Lalin Lembang-Kota Bandung Padat
A A A
BANDUNG BARAT - Satuan Unit Lalu Lintas Kepolisian Sektor (Polsek) Lembang memprediksi puncak arus balik dari kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat menuju Kota Bandung, Jakarta, dan daerah lainnya terjadi hari ini. Hal ini menyusul berakhirnya liburan panjang kali ini.

Kanitlantas Polsek Lembang AKP Asep Ratman menuturkan, hal tersebut dilihat dari meningkatnya jumlah volume kendaraan yang masuk atau keluar di kawasan Lembang dibandingkan kemarin. Jika kemarin padatnya arus kendaraan mulai terjadi pada pukul 09.00, hari ini mulai terjadi pukul 08.00 WIB.

"Padatnya arus kendaraan lebih awal dari kemarin, kemungkinan puncaknya hari ini," kata Asep di sela-sela tugasnya di pertigaan Beatrix, Jalan Raya Lembang, Senin (12/12/2016).

Menurut Asep, padatnya arus kendaraan di Jalan Raya Lembang terjadi bukan hanya dari arah Lembang menuju Kota Bandung. Arah sebaliknya pun demikian. Pihaknya sempat memberlakukan sistem buka tutup jalan dari pukul 10.00 hingga 11.30 WIB di jalan raya Lembang, tepatnya di sekitaran objek wisata Farmhouse.

"Melihat situasi, sistem buka tutup di titik yang sama akan kami berlakukan juga," katanya.

Sementara untuk jalan Kolonel Masturi yang sebelumnya ditutup akibat terjadi longsor tepatnya di samping Villa Pleasent Hill, Kampung Karamat, RT 7/6, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang beberapa minggu lalu, saat ini sudah bisa diakses. Namun, jumlah volume kendaraannya sangat dibatasi dan di bawah kontrol penuh petugas.

"Yang boleh masuk hanya kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi, itu pun jumlahnya sangat kita batasi. Kalau untuk kendaraan berat seperti bus truk kami larang karena khawatir terjadi sesuatu kalau dipaksakan lewat jalur tersebut."

Puncak Arus balik kendaraan berakhir pada pukul 20.00 WIB. Untuk itu, kata Asep, kendaraan dari arah Lembang menuju Kota Bandung atau sebaliknya bisa memanfaatkan jalur-jalur alternatif, seperti akses jalan Dagogiri, Maribaya, Punclut Dago untuk kendaraan dari arah Lembang yang akan menuju Kota Bandung dan sebaliknya.

Atau akses jalan Manoko dan Gombong bagi kendaraan yang akan ke Cisarua, Parongpong, Padalarang menuju ke Gerbang Tol Padalarang.

"Kami imbau bagi para pengendara yang melewati jalur alternatif agar hati-hati, karena di jalur tersebut, jalannya masih banyak yang berlubang," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5710 seconds (0.1#10.140)