Gunakan Jamban Sehat, Bukti Peduli Lingkungan

Senin, 24 Oktober 2016 - 19:48 WIB
Gunakan Jamban Sehat, Bukti Peduli Lingkungan
Gunakan Jamban Sehat, Bukti Peduli Lingkungan
A A A
GARUT - Yayasan Mandiri Amal Insani bekerja sama dengan PKPU menyelenggarakan kembali edukasi kepada Kader Berdaya yang dilaksanakan di Dusun Citamiang, Garut, Jumat 21 Oktober 2016. Edukasi ini mengambil tema mengenai Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan dan Jamban Sehat. Kegiatan edukasi kali ini menggunakan metode simulasi model jamban dan pemutaran video.

Kegiatan ini diawali dengan pembahasan mengenai budaya BAB sembarangan. BAB sembarangan sekarang sudah tidak menjadi budaya lagi di Dusun Citamiang, meskipun dahulu hal tersebut pernah terjadi.

”Sekarang di sini sudah tidak ada lagi yang BAB sembarangan. Berbeda dengan saat saya kecil, BAB seringnya ya di sawah atau di kebun,” kata Seksi Keamanan Kader Berdaya, Rohman.

Berdasarkan hasil diskusi tersebut, disimpulkan bahwa BAB sembarangan memang sudah tidak ditemui lagi di Dusun Citamiang. Namun demikian masih ada beberapa yang dialirkan ke kolam ikan.

Sesi simulasi model jamban dilakukan setelah menyamakan suara bahwa BAB sembarangan itu benar-benar memiliki dampak yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Simulasi model jamban ini diadopsi dari kegiatan edukasi jamban sehat yang dilakukan oleh Kader Berdaya PKPU di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di akhir sesi, peserta dijelaskan mengenai beberapa cara memelihara jamban. Mereka juga diperlihatkan beberapa video yang terkait dengan bahaya BAB sembarangan dan program Arisan Jamban PKPU di Gunungkidul. (Doni/Putri/PKPU)
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6235 seconds (0.1#10.140)