PKPU Gelontorkan Beasiswa bagi 200 Pelajar Balikpapan

Selasa, 18 Oktober 2016 - 09:09 WIB
PKPU Gelontorkan Beasiswa bagi 200 Pelajar Balikpapan
PKPU Gelontorkan Beasiswa bagi 200 Pelajar Balikpapan
A A A
BALIKPAPAN - Pendidikan adalah salah satu bidang yang menjadi fokus dari Lembaga Kemanusian Nasional PKPU Balikpapan, Kalimantan Timur. Guna mendukung bidang tersebut, PKPU Balikpapan menggelar launching Beasiswa Akselerasi Pintar (Be A Star) periode 2016-2017, Sabtu 15 Oktober 2016.

Ini merupakan tahun ke-6 program beasiswa berjalan di Balikpapan dengan jumlah pelajar penerima manfaat periode ini sebanyak 200 siswa. Acara ini dihadiri langsung kepala cabang PKPU, ketua DWP Kanwil DJP Kaltim Kementerian Agama, dan ketua Komite Sekolah Mitra Tabung Peduli yang merupakan donor program, serta dibuka secara resmi oleh Dinas Pendidikan Kota Balikpapan.

Be A Star adalah beasiswa yang diberikan kepada pelajar SD/MI sederajat, SMP/MTS sederajat, serta SMA/MA Sederajat untuk yatim dan dhuafa. Beasiswa meliputi bantuan biaya pendidikan, pemberian paket pendidikan, dan pembinaan kepada penerima beasiswa.

Pembinaan dirancang dengan kurikulum seperti spiritual, life skill training, entrepreneurship training, dan memberi ruang kepada anak menggali potensi atau bakat yang dimilikinya. Selain itu orang tua juga didampingi dengan parenting skill untuk bersama memotivasi perkembangan dari setiap anak.

Acara dibuka dengan pertunjukan tarian daerah oleh peserta beasiswa tingkat SMP, dilanjutkan dengan sambutan, penandatanganan MoU kerja sama oleh donor, serta prosesi penerimaan beasiswa secara simbolis kepada peserta. Pada launching program Be A Star kali ini juga diadakan parenting yang dibawakan oleh praktisi pendidikan Sekolah Alam yaitu Ustadz Ali Mansyur dengan tema ”Mengetahui dan Mengoptimalkan Bakat Anak Sejak Dini”.

”Tidak hanya sekadar menerima biaya santunan saja. Selama setahun para pelajar yang terdiri dari SD, SMP, dan SMA nantinya akan mengikuti program pembinaan dan pendampingan secara intensif, berikut juga orang tua yang berkomitmen mendukung terlaksananya seluruh rangkaian tersebut,” kata Kepala Cabang PKPU Balikpapan Muhammad Ardhani.

Sekitar Rp200 juta yang bersumber dari para donator akan diberikan kepada para pelajar. Dana tersebut berasal dari sejumlah donator yakni Dharma Wanita Dirjen Pajak Kanwil Kaltim, Laznas Karyawan Chevron, Tabung Peduli, dan karyawan perusahaan maupun perseorangan yang berdonasi melalui program orang tua asuh. ”Kriteria peserta merupakan pelajar berprestasi dan pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu,” tambahnya.

Pargianto, perwakilan dari Dinas Pendidikan Balikpapan yang turut hadir mengapresiasi langkah PKPU yang telah peduli terhadap pendidikan, khususnya di Kota Balikpapan. ”Kami dari pemerintah kota sangat mengapresiasi program ini. PKPU berhasil memfasilitasi berbagai pihak, baik korporasi dan individu untuk peduli serta dapat memotivasi para siswa dalam belajar dan mengenyam pendidikan yang lebih baik. Semoga semakin banyak donor yang terlibat dan mendukung keberlanjutan program ini,” ujarnya. (Rohim/Putri/PKPU)
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3483 seconds (0.1#10.140)