Pangkalan Bun Tuan Rumah Festival Keraton Nusantara

Kamis, 15 September 2016 - 14:21 WIB
Pangkalan Bun Tuan Rumah Festival Keraton Nusantara
Pangkalan Bun Tuan Rumah Festival Keraton Nusantara
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Kesultanan Kutaringin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng akan menjadi tuan rumah dalam Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-10. Gelaran akbar bagi kerajaan-kerajaan seluruh Nusantara itu, direncanakan mulai pada 10 Oktober 2016.

Kabid promosi wisata dan perfilman dinas budaya dan pariwisata (Disbudpar) Pemkab Kobar Kartono mengatakan, penyelenggaraan festival tersebut bertempat di Istana Kuning Pangkalan Bun dan dihadiri oleh seluruh kerajaan dan kesultanan di Nusantara.

"Jadi daerah-daerah yang memiliki kerajaan dan kesultanan nantinya akan turut hadir semua," kata Kartono, di ruang kerjanya, Kamis (15/9/2016).

Dijelaskannya, tujuan dari penyelenggaraan festival tersebut adalah untuk menjalin silahturahmi antar keluarga kerajaan dan yang paling penting yaitu memperkenalkan budaya kita yang ada di Indonesia.

"Yang jelas, kita ingin mengenalkan budaya kepada anak-anak, bahwasanya inilah kebudayaan kita warisan nenek moyang, sebagai jati diri yang harus dijaga dan dilestarikan," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya festival tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat.

Nantinya dalam festival tersebut banyak tamu-tamu yang hadir, otomatis hotel-hotel akan terisi dan masyarakat yang berdagang seperti panganan dan kerajinan lokal juga akan mendapat keuntungan dari penjualan.

"Sekalian kita promosi kekayaan budaya lokal Kabupaten Kobar kepada nasional bahkan internasional," jelasnya.

Diungkapkannya, untuk persiapan pelaksanaan festival itu, pihaknya sudah berupaya maksimal agar dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

Sebagai tuan rumah, apalagi festival seperti ini perdana diselenggarakan di Kalteng, khususnya di Kobar.

"Kita sudah berupaya secara maksimal untuk keberhasilan festival ini. Dan belum lama ini, kami hadir dalam rapat koordinasi dengan sekretaris jendaral (Sekjen) forum komunikasi dan informasi keraton nusantara (FKIKN)," imbuhnya.

Sebelumnya, Pangeran Muasdjidnsjah menuturkan festival yang diadakan dua tahun sekali itu merupakan agenda rutin yang dilakukan guna mempererat tali persaudaraan, terutama bagi keluarga besar kerajaan.

Terkait pendanaan, saat ini masih menjadi pembahasan pihak Kesultanan Kutaringin, Pemkab Kobar dan FKIKN.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5465 seconds (0.1#10.140)