Bupati Barito Timur Serahkan Bayi Orangutan ke BKSDA

Jum'at, 09 September 2016 - 14:13 WIB
Bupati Barito Timur...
Bupati Barito Timur Serahkan Bayi Orangutan ke BKSDA
A A A
PALANGKA RAYA - Bupati Barito Timur (Bartim) Kalimantan Tengah, Ampera YA Mebas secara sukarela menyerahkan Bayi Orangutan yang selama ini ia pelihara kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (9/9/2016).

Bayi orangutan awalnya ditemukan stafnya di pinggir jalan luar kota Bartim. Bayi orangutan berumur sekitar delapan bulan ini sengaja diserahkan ke BKSDA supaya binatang dilindungi ini bisa dilepasliarkan di habitatnya.

Komandan Polisi Hutan (Polhut) BKSDA Provinsi Kalimantan Tengah Hetto mengungkapkan ,selama tiga bulan terakhir binatang langka itu dipelihara bupati Bartim. Saat ditemukan berumur sekitar lima bulan, saat ini sudah delapan bulan.

"Hari ini kita akan serahkan langsung kepada yayasan Borneo Orangutan Survoval Foundation (BOSF). Di sana binatang langka yang terpisah dari induknya tersebut akan dilakukan rehabilitasi terlebih dahulu," ujar Hetto, kantor BKSDA Kalteng, Jumat (9/9/2016).

Sementara itu, Bupati Barito Timur Ampera YA Mebas mengatakan, pertama kali ditemukan kondisi bayi orangutan itu kurus tak terurus. Setelah dirawat dan diberimakan dengan baik saat ini kondisinya mulai gemuk dan segar.

"Saya menerima hewan langka itu dari staf saya. Dia dapat dari jalan di pinggir hutan, karena bayi orangutan itu terpisah dari induknya. Setelah kondisinya sudah membaik, saya serahkan kepada BKSDA Kalteng untuk direhabilitasi," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6134 seconds (0.1#10.140)