Gerhana Bulan di Lampung Hanya Terlihat Separuh, Karena Kabut

Kamis, 01 September 2016 - 20:50 WIB
Gerhana Bulan di Lampung Hanya Terlihat Separuh, Karena Kabut
Gerhana Bulan di Lampung Hanya Terlihat Separuh, Karena Kabut
A A A
BANDAR LAMPUNG - Gerhana Bulan yang terjadi di Lampung Selatan tak dapat dilihat dengan mata telanjang karena tertutup kabut. Gerhana Bulan yang hanya berlangsung 26 menit tersebut hanya dapat dilihat melalui Aplikasi Stellarium.

Tim Teknis Pantauan Gerhana Bulan M Said Jamhari mengatakan, pemantauan Gerhana Bulan di Pos Observasi Bukit Canti, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung dihadiri oleh Pengadilan Tinggi Agama, Kemenag Lampung Selatan, Ormas Islam, dan Pengurus Badan Hisab Rukyat Provinsi Lampung.

“Dalam pantauannya Gerhana Bulan di Lampung terjadi pada saat matahari terbenam pukul 17.58 WIB, dengan ketinggian hilal minus 0 derajat 07’01, 32’,” ujar dia, Kamis (1/9/2016).

Sementara kedudukan matahari, kata dia, berada di 07 derajat 57’38 koma 33”disebelah utara titik barat. Sedangkan kedududkan hilal berada di 07 derajat 29’ 35 koma 12” di sebelah utara titik barat dan posisi hilal di sebelah selatan matahari dan keadaan hilal di bawah ufuk.

Dengan melihat data tersebut maka Gerhana Bulan di Indonesia hanya terjadi gerhana separuh. Sedangkan gerhana total berbentuk cincin terjadi wilayah semenanjung Afrika Selatan.

Petugas pemantau gerhana bulan hanya melakukan pemantauan kemudian akan melaporkan hasilnya ke pihak Kementrian Agama Republik Indonesia untuk dilakukan sidang isbat. Pemantauan Gerhana Bulan ini bertujuan untuk menentukan 1 Dzulhijjah 1437 Hijriah.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6244 seconds (0.1#10.140)