Seekor Tapir Dievakuasi dari Sungai Batang Natal

Rabu, 31 Agustus 2016 - 01:02 WIB
Seekor Tapir Dievakuasi dari Sungai Batang Natal
Seekor Tapir Dievakuasi dari Sungai Batang Natal
A A A
MANDAILING NATAL - Seekor tapir berjenis kelamin betina berhasil dievakuasi oleh tim BKSDA Sumatera Utara, ketika terjebak di Sungai Batang Natal, Desa Parlampungan, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumut Selasa (30/8/2016).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI BBKSDA Sumut Suhut Hesaki memaparkan, sebelumnya warga menemukan tapir sedang dalam kondisi terperosok di dalam aliran Sungai Batang Natal, di Desa Parlampungan, Kecamatan Batang Natal, Madina, Senin (29/8/2016).

Keberadaan hewan langka itu langsung menjadi tontonan warga. Tapir berjenis kelamin betina itu mengalami sejumlah luka di bagian tubuhnya.

"Selanjutnya warga melaporkannya ke pihak Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) dan kemudian pihak TNBG menginformasikannya ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara," ungkap Suhut saat dikonfirmasi, Selasa (30/8/2016)

Setelah mendapat info tersebut, warga bersama tim gabungan yang terdiri dari petugas BTNBG, BBKSDA, SRI, KPA Forester, dan tim drh Asrul Lubis langsung bergerak melakukan evakuasi.

"Saat tim turun, dibantu warga setempat langsung mengevakuasi tapir dari dalam aliran sungai Batang Natal," ujarnya.

Selanjutnya, tim dokter mengobati binatang yang diketahui memiliki belalai kecil itu. "Setelah dievakuasi langsung kita berikan pengobatan, karena ada sejumlah luka ditemukan di tubuhnya dan sudah dijahit," jelasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6819 seconds (0.1#10.140)