Dukung Implementasi Nawacita, Kaltara Perkuat Kapasitas Desa

Rabu, 31 Agustus 2016 - 07:13 WIB
Dukung Implementasi Nawacita, Kaltara Perkuat Kapasitas Desa
Dukung Implementasi Nawacita, Kaltara Perkuat Kapasitas Desa
A A A
TANJUNG SELOR - Salah satu semangat Nawacita Presiden Joko Widodo adalah membangun Indonesia dari pinggiran (desa). Untuk itu, Pemprov Kalimatan Utara (Kaltara) memperkuat kapasitas pemerintahan desa. Salah satu caranya dengan menggelar bimbingan teknis penguatan kapasitas lembaga pemerintahan desa di Hotel Grand Pangeran Khar, Tanjung Selor.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setprov Kaltara Zainuddin HZ mengapresiasi aparat pemerintahan desa yang terus berjuang mengembangkan daerahnya. ”Pemprov Kaltara akan memberikan fasilitas-fasilitas dan bantuan-bantuan yang dibutuhkan. Tentu berdasarkan kemampuan keuangan,” katanya dalam acara penutupan acara tersebut, Jumat 26 Agustus 2016 lalu.

Menurut Zainuddin, dalam pemerintahan Jokowi-JK desa menjadi prioritas negara. ”Di sinilah bentuk partisipasi dari pada desa dirasa penting. Misalnya mendata potensi-potensi desa yang mungkin dikembangkan dari sektor manapun, termasuk pertanian, perkebunan, pendidikan, dan wisata,” imbuhnya.

Zainuddin pun mengajak semua kalangan untuk bersama-sama mewujudkan desa yang maju dan dapat menarik investor untuk datang ke daerah. Menurutnya, kemajuan teknologi menjadi jembatan penting bagi pemerintah desa mengetahui seberapa besar desa lain berkembang dan maju di era modern ini. ”Yang tentu akan menjadi rujukan desa-desa di Kaltara agar lebih inovatif membawa kemajuan daerah,” tegasnya.

Sistem informasi yang berkembang bisa dimanfaatkan untuk koordinasi dan kerja sama antardesa maupun antarkecamatan. Pihak swasta juga perlu dilibatkan untuk kemajuan desa, khususnya pembangunan infrastruktur dan lainnya.

”Yang jelas aparatur desa harus aktif menjalin komunikasi dengan daerah lain, kecamatan lain, atau daerah luar Kaltara sekalipun tidak masalah. Ini lebih baik lagi karena bisa jadi rujukan daerah kita,” ujarnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5894 seconds (0.1#10.140)