''Sepertinya Tuyul Tahu Pak Cahyadi Gajian''

Rabu, 10 Agustus 2016 - 17:29 WIB
Sepertinya Tuyul Tahu Pak Cahyadi Gajian
''Sepertinya Tuyul Tahu Pak Cahyadi Gajian''
A A A
BANDUNG - Heboh isu tuyul di Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Jawa Barat, membuat warga memasang selebaran peringatan di berbagai titik di lokasi.

Ketua RT 02 RW 13 Kusnandar mengatakan, selebaran itu dipasang pada Senin (8/8/2016) malam. Tujuannya agar warga waspada atas keberadaan tuyul yang diduga berkeliaran untuk mencuri uang warga.

"Itu mah buat mengingatkan saja biar warga hati-hati kalau menyimpan uang," kata Kusnandar saat ditemui di lokasi, Rabu (10/8/2016).

Ide membuat selebaran itu menurutnya datang dari Cahyadi, salah seorang warga. Cahyadi cukup kesal karena cukup sering jadi korban "langganan" tuyul. Dalam sebulan minimal dua kali ia kehilangan uang. Padahal, Cahyadi sudah berusaha menyimpan uang dengan sangat rahasia di rumahnya.

"Sepertinya tuyulnya tahu kalau Pak Cahyadi gajian atau lagi punya uang," kelakar Kusnandar.

Kesal jadi "langganan" tuyul, Cahyadi memiliki ide untuk membuat selebaran yang ditempel di berbagai titik. Ia ingin agar warga waspada agar tidak jadi korban tuyul.

Hal itu disambut baik warga. Sebab banyak yang mengaku kehilangan uang dalam enam bulan terakhir. Warga pun akhirnya membuat selebaran.

Ada dua selebaran yang dibuat, masing-masing bergambar ilustrasi tuyul. Pada bagian bawah tertulis "Waspadalah!!! Tuyul Sedang Berkeliaran di Lingkungan RW 13". Satu lagi, "Waspada Tuyul Sedang Berkeliaran".

Sementara, agar warga semakin waspada, kegiatan ronda di lokasi juga dilakukan semakin gencar. Selain itu, warga juga diimbau untuk tidak menyimpan uang banyak di rumah.

"Mending menyimpan uang seperlunya saja. Lebih baik disimpan di bank. Kalau butuh tinggal diambil. Ini untuk jaga-jaga saja," tandas Kusnandar.

Seperti diberitakan, warga di lokasi dihebohkan dengan isu keberadaan tuyul dalam enam bulan terakhir. Itu terjadi setelah banyak warga yang kehilangan uang.

Yang mengherankan, uang yang hilang tidak seluruhnya. Misalnya uang yang disimpan Rp1 juta, hanya Rp300 ribu yang hilang. Sedangkan sisanya tetap tersimpan rapi.

Dalam seminggu belakangan, isu tuyul yang sempat mereda tiba-tiba kembali menghebohkan. Sebab banyak warga yang kembali mengaku kehilangan uang tanpa sebab yang jelas.

Dugaan hilangnya uang dilakukan oleh ulah tuyul juga disebabkan oleh adanya anak kecil berusia lima tahun yang pernah melihat penampakan makhluk diduga tuyul.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8177 seconds (0.1#10.140)