Sultan dan Paku Alam Open House di Pendopo Kepatihan

Senin, 11 Juli 2016 - 13:51 WIB
Sultan dan Paku Alam...
Sultan dan Paku Alam Open House di Pendopo Kepatihan
A A A
YOGYAKARTA - Hari pertama masuk kerja, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi permaisurinya, GKR Hemas menggelar open house di Pendopo Kepatihan, Yogyakarta. Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X bersama permaisurinya, Gusti Bendoro Raden Ayu Paku Alam X turut menemani.

Syawalan ini tak hanya dilakukan kalangan pegawai di Pemda DIY, tapi juga diperuntukkan bagi masyarakat umum. Wakil Bupati Kulon Progo Wasto Wardoyo bersama istrinya, Dwikisworo Setyowireni juga hadir.

Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noer Hartanto serta beberapa anggota legislator juga turut dalam Syawalan. Begitu juga dari kalangan akademisi seperti Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UGM Paripurna, serta beberapa kalangan lainnya.

Kepala Biro Umum dan Protokol Pemda DIY Hariyanta mengatakan, Syawalan yang digelar ini terbuka untuk umum. Pihaknya menyediakan hidangan dalam Syawalan yang diprediksi dihadiri 3.000 orang.

"Estimasi yang mengikuti Syawalan ini kita prediksi sekitar 3.000. Kita menyediakan menu jajanan kepada warga usai bersalaman dengan Ngarsodalem (Sultan HB X, red)," tandasnya, Senin (11/7/2016).

Ribuan warga terlihat sabar dalam mengantre untuk bersalaman dengan Raja Keraton dan Adipati Pakualam Yogyakarta. Mereka datang dari berbagai wilayah di Kota Gudeg Yogyakarta.

Sebelumnya, Sultan HB X menggelar Syawalan di Keraton saat Lebaran. Bahkan, saat Presiden Joko Widodo mengelar open house di Gedung Agung Yogyakarta beberapa waktu lalu, Sultan juga turut mendampingi.

"Syawalan tahun ini sepertinya tidak sepadat tahun lalu. Mungkin, sudah banyak masyarakat yang sudah bersalaman dengan Ngarsodalem saat Lebaran tahun ini," kata Sigit, warga Prambanan yang mengajak anak dan istrinya mengikuti antrean bersalaman dengan Sultan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)