Gempa Sukamara Terjadi Karena Aktivitas Sesar Aktif

Jum'at, 24 Juni 2016 - 15:00 WIB
Gempa Sukamara Terjadi Karena Aktivitas Sesar Aktif
Gempa Sukamara Terjadi Karena Aktivitas Sesar Aktif
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Gempa di daerah Kandawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat dan Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, Jumat (24/6/2016) sekitar pukul 07.41 WIB dipicu adanya aktivitas sesar aktif. Kepala BMKG Pangkalan Bun Lukman Soleh mengatakan, informasi yang didapat dari BMKG Pusat melalui Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa dengan kekuatan 5,0 Skala Richter (SR) dengan episentrum terletak pada koordinat 2,61 LS dan 110,19 BT.

"Tepatnya di darat pada jarak sekitar 10 kilometer arah barat daya Kota Kandawangan, Ketapang, Kalbar, pada kedalaman hiposenter 10 kilometer," jelasnya.

Menurutnya efek gempa bumi yang didasarkan pada Peta Tingkat Guncangan (shake map) BMKG menunjukkan, wilayah terdampak gempa bumi di Kota Kandawangan dan sekitarnya mengalami guncangan pada skala intensitas V-VI skala satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi yang dikenal dengan nama Modified Mercalli Intensity (MMI) atau pada Skala III.

"Artinya getaran dirasakan oleh semua penduduk, kebanyakan orang terkejut dan lari keluar dan kerusakan ringan pada bangunan rumah dapat terjadi. Menurut laporan banyak warga setempat panik dan berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Laporan terbaru menyebutkan terjadi kerusakan ringan pada beberapa bangunan rumah di Kandawangan sebagai dampak gempa bumi ini, " timpalnya.

Dia melanjutkan, di zona ini sistem sesar tidak berkembang dengan baik, hanya berupa sesar-sesar mikro yang umumnya berarah timur-barat.

"Kepada masyarakat Kandawangan dan sekitarnya, diimbau tetap tenang sambil mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Isu adanya gempa susulan jagan ditanggapi, kalupun ada intensitasnya kecil," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5835 seconds (0.1#10.140)