Operasi SAR Terbuka Terhadap Pendaki Swiss di Semeru Dihentikan

Minggu, 19 Juni 2016 - 00:59 WIB
Operasi SAR Terbuka Terhadap Pendaki Swiss di Semeru Dihentikan
Operasi SAR Terbuka Terhadap Pendaki Swiss di Semeru Dihentikan
A A A
MALANG - Operasi Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue) terbuka atau Open SAR pencarian pendaki asal Swiss Lionel Du Creaux resmi dihentikan, Sabtu (18/6/2016) malam. Seluruh tim SAR gabungan juga sudah menggelar evaluasi.

Petugas dari Basarnas Pos Jember, Jefriansyah menginformasikan, Open SAR resmi dihentikan dan hasilnya nihil. "Malam ini tim SAR sudah evaluasi," kata Jefriansyah via pesan Whatsapp, Sabtu (18/6/2016) malam.

Open SAR ini sebelumnya diperpanjang tiga hari atas permintaan Konsulat Jenderal Swiss setelah tujuh hari pencarian hasilnya juga nihil.

Open SAR dilakukan sejak 9 Juni 2016 setelah sebelumnya tim advance terlebih dulu melakukan pencarian Lionel pada 8 Juni 2016.

Lionel Du Creaux dilaporkan hilang oleh rekan pendakinya Alice pada 7 Juni 2016. Alice sendiri sempat tersesat dua malam di kawasan Arcopodo sebelum akhirnya ditemukan seofang guide yang sedang naik ke Semeru.

Lionel dan Alice mendaki ke Semeru pada 3 Juni 2016 dengan tanpa melapor ke Pos Ranupani (ilegal). Kedua orang ini langsung menuju puncak Mahameru hari itu juga. Namun, di kawasan Watugede, Alice memutuskan untuk turun dan tersesat di Arcopodo selama dua malam.

Sedangkan Lionel Du Creaux tetap naik ke Mahameru meski memasuki malam hari. Keberadaan Lionel sendiri hingga kini masih misterius meski pencarian sudah dilakukan di berbagai tempat di lereng Semeru.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9130 seconds (0.1#10.140)