Puluhan Paus Terdampar di Pesisir Probolinggo

Rabu, 15 Juni 2016 - 21:21 WIB
Puluhan Paus Terdampar di Pesisir Probolinggo
Puluhan Paus Terdampar di Pesisir Probolinggo
A A A
PROBOLINGGO - Puluhan ikan paus terdampar di perairan pantai utara pesisir Desa Pesisir, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Paus berwarna hitam yang berukuran sekitar 5 meter terbawa arus cuaca ekstrem yang berlangsung sejak beberapa waktu terakhir.

Saat ini kawanan ikan paus yang diperkirakan berjumlah 25 ekor tersebut terdampar hingga bibir pantai. Kawanan ikan tidak bisa kembali ke perairan dalam karena air laut surut. Air pasang laut yang kembali normal pada malam hari akan mengembalikan ikan tersebut ke perairan pantai utara.

Kehadiran ikan paus yang terdampar ini menjadi tontonan masyarakat nelayan setempat. Sebagian membantu agar ikan paus tersebut kembali berenang ke perairan.

Kades Pesisir Sanemo mengatakan, terdamparnya ikan paus ini bukan hanya terjadi kali saja. Sebelumnya juga pernah terjadi ikan paus terdampar di perairan pantai utara Probolinggo.

"Ini bukan yang pertama. Tapi ini fenomena kali ini yang paling banyak," kata Sanemo, Rabu (15/6/2016).

Puluhan paus tersebut terdampar di sepanjang parairan desa pesisir. Bahkan, di antara paus yang terdampar tersebut berada di dekat hutan mangrove.

Agar tidak mati, paus itu diselamatkan dengan didorong ke perairan dalam. Nelayan mencoba untuk menyelamatkan beberapa ekor paus tersebut melalui arus Sungai Cepongan.

Sementara itu, Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Probolinggo menduga, kawanan paus terdampar di pesisir Desa Pesisir, Kecamatan Gending, karena cuaca ekstrem di laut lepas.

"Dugaan kami karena cuaca ekstrem dengan suhu yang panas. Paus yang tidak fit, terbawa ke pinggir untuk mencari suhu yang nyaman," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Wahid Noor Azis.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5300 seconds (0.1#10.140)