Mondalengo, Tradisi Warga Gorontalo Kunjungi Benteng Otanaha di Awal Ramadhan

Senin, 06 Juni 2016 - 11:33 WIB
Mondalengo, Tradisi Warga Gorontalo Kunjungi Benteng Otanaha di Awal Ramadhan
Mondalengo, Tradisi Warga Gorontalo Kunjungi Benteng Otanaha di Awal Ramadhan
A A A
GORONTALO - Ratusan umat muslim di Gorontalo menggelar tradisi Mondalengo atau jalan-jalan di hari pertama di bulan Ramadhan yang dilakukan warga usai Salat Subuh ke Benteng Otanaha. Warga beramai-ramai mendatangi benteng tersebut yang merupakan peninggalan Kerajaan Gorontalo.

Tradisi ini kerap dilakukan oleh umat muslimin di Gorontalo dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Benteng Otanaha terletak di Bukit Kelurahan Dembe Satu, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Di hari biasa, benteng ini selalu sepi, namun Senin pagi tadi (6/6/2016) mendadak dipenuhi ratusan warga.

Ratusan warga baik itu anak-anak, remaja, hingga orang tua, tumpah ruah di Benteng Otahana. Meski harus menapaki 348 anak tangga, tidak menyurutkan langkah mereka untuk bisa menikmati keindahan benteng yang dibangun pada 1522 ini.

Begitu sampai di lokasi benteng, tidak terlihat kegiatan warga yang menonjol seperti acara ritual atau sejenisnya.

Yang nampak hanyalah ratusan warga sedang asyik bercengkrama di pelataran benteng sambil menikmati sejuknya udara pagi pengunungan.

Dari atas benteng ini, warga bisa menikmati keindahan Danau Limboto yang terhampar luas dan indahnya matahari terbit di ufuk timur. Pemandang pagi di Benteng Otanaha benar-benar memikat hati.

Tidak diketahui pasti sejak kapan tradisi ini ada. Namun yang jelas setiap hari pertama puasa, warga beramai-ramai ke Benteng Otanaha baik bersama keluarga atau sesama teman. “Sudah dari dulu seperti ini. Datang ke mari di awal Ramadhan,” kata warga, Oscar Bajuka, Senin (6/6/2016).

Bagi warga, mengunjungi benteng yang barada di atas bukit berudara sejuk ini diharapkan akan membuat badan sehat dan fit menjalankan ibadah puasa. “Di sini udaranya segar sekali,” aku Mia pengunjung lainnya.

Ketika matahari mulai meninggi, warga kembali ke tempat masing-masing. Tradisi ini biasanya hanya berlangsung pada hari pertama hingga hari ketiga Ramadan. Sementara selain Benteng Otanaha, di lokasi ini juga ada dua benteng lagi yaitu Benteng Otahiya dan Ulupahu.

Kegiatan Mondalengo yang rutin dilaksanakan warga Gorontalo di awal Ramadhan, diharapkan juga dapat membuat warga warga mencintai dan memelihara peninggalan sejarah Kerajaan Gorontalo.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8504 seconds (0.1#10.140)