Ratusan Bintara Polisi Disiapkan Jadi Penceramah

Senin, 23 Mei 2016 - 15:52 WIB
Ratusan Bintara Polisi Disiapkan Jadi Penceramah
Ratusan Bintara Polisi Disiapkan Jadi Penceramah
A A A
MAKASSAR - Sebanyak 300 personel Bintara Polda Sulselbar mengikuti pelatihan Polisi Santri di Mesjid Nurul Ilmi, SPN Batua Jalan Urip Sumoharjo, Makassar , Senin (23/5/2016).

Tidak hanya bertugas menjaga kemanan di bulan puasa, polisi juga dikerahkan menjadi imam, khatib, bahkan guru mengaji.

Ratusan aparat itu akan mengikuti pelatihan Polisi Santri selama sepekan untuk dipersiapkan mengisi ceramah dan kegiatan keagamaan lainnya saat memasuki Ramadan.
Sebelumnya, mereka mendapat pengarahan langsung dari Kapolda Sulselbar Irjen Pol Anton Charliyan.

"Palatihan Polisi Santri dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, sehingga polisi pun juga bisa ikut memberikan kontribusi memberikan syiar keagamanan," ucap Anton usai memberi pengarahan di Masjid Nurul Ilmi SPN Batua.

Setelah mengikuti pelatihan, Anton berharap anak buahnya bisa menjadi penceramah yang mengisi Masjid-Masjid se Sulselbar di bulan Ramadan mendatang.

Dikatakan, Polisi Santri itu nantinya bisa membawa syiar keagamaan dengan tetap berkaitan dengan tugas kepolisian.

"Minimal dalam bulan Ramadan nanti kita bisa mengambil peran di lingkungan masing- masing menjadi khatib maupun imam dan guru ngaji," jelas Anton.

Dengan langkah itu, Anton berharap kepolisian bisa mendapat kepercayaan masyarakat dengan melihat anggota polisi aktif menjalankan syiar agama.

Dia menyebutkan ke depan institusinya dikenal dengan hal-hal yang bernuansa keagamaan, bukan sebaliknya.

Menurutnya, seharusnya polisi identik dengan tempat ibadah, dan kegiatan-kegiatan positif. "Kita berharap ke depan dimana ada Masjid di sana ada polisi dan dimana ada pengajian diasana juga ada polisi," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6053 seconds (0.1#10.140)