Ini Penyebab Suku Uighur Gabung dengan Santoso di Poso

Rabu, 27 April 2016 - 17:13 WIB
Ini Penyebab Suku Uighur Gabung dengan Santoso di Poso
Ini Penyebab Suku Uighur Gabung dengan Santoso di Poso
A A A
POSO - Sejumlah anggota Suku Uighur, China terdeteksi bergabung dalam kelompok Mujahidin Indonesia Timur yang dipimpin Santoso di Poso. Penyebab anggota Suku Uighur ini bergabung karena adanya persamaan ideologi dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur dalam perjuangan mereka.

"Pada prinsipnya mereka merasa sejalan dengan perjuangan yang dilakukan. Dan kemudian mereka bersimpati dengan kelompok ini padahal mereka orang luar. Mereka menganggap kelompok Santoso adalah bagian dari mereka sendiri (suku Uighur)," jelas Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Menurut Boy, bergabungnya Suku Uighur tidaklah rumit pasalnya di era globalisasi seperti saat ini berkomunikasi melalui jarak yang jauh mudah dilakukan.

"Apalagi di era teknologi informasi, era globalisasi seperti ini, semua orang bisa berkomunikasi walaupun jauh," kata Boy Rafli.

Boy menambahkan, anggota Suku Uighur yang bergabung dalam kelompok Santoso sudah terjadi sejak 2013 lalu karena mereka yang pertama kali datang dan terjerat pada 2013 sudah ada empat orang. Namun, Boy belum dapat memastikan berapa jumlah anggota Suku Uighur yang telah bergabung dalam kelompok Santoso.

"Tidak bisa dipastikan, karena kan ini belum ada hasil pemeriksaan resmi dari mereka. Karena kan bergelombang (datangnya) dia tidak satu gelombang, gelombang pertama ada empat, begitu," ujar Boy Rafli.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8840 seconds (0.1#10.140)