Gunung Kerinci Berdentum Keras, Asap Hitam Mengepul 300 M

Minggu, 17 April 2016 - 20:01 WIB
Gunung Kerinci Berdentum Keras, Asap Hitam Mengepul 300 M
Gunung Kerinci Berdentum Keras, Asap Hitam Mengepul 300 M
A A A
PADANG - Gejolak perut Gunung Kerinci sejak 28 Maret 2016 terus meningkat. Bahkan dini hari tadi sempat terdengar suara dentuman keras dari puncak Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

“Tadi pagi sekira pukul 01.30 Wib, pos jaga di R 10 mendengar suara dentuman keras dari Gunung Kerinci dan pada pukul 08.00 Wib dari kawah keluar asap hitam pekat diperkirakan setinggi 300 meter,” kata Ketua Pos Pemantaua Gubung Api Kerinci, Indra Saputra, Minggu (17/4/2016).

Kata Indra, suara dentuman itu terdengar sampai ke pemukiman warga yang ada di kaki Gunung Gerinci. “Kita tidak bisa memastikan kondisinya. Soalnya kabut tebal terus menutupi puncak gunung," terangnya.

Sejak meningkatkan aktivitas gunung tertinggi di Sumatera itu, beberapa teras rumah warga serta tanaman sayur-sayuran sudah sering diselimuti abu dari gunung tersebut, seperti yang terjadi di Padang Aro, Sumatera Barat.

Terpisah, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Ade Edwar menjelaskan, meningkatkan aktivitas gunung tersebut akibat pengaruh gempa tektonik yang kerap terjadi di patahan Sumatera.

“Perlu dipantau aktivitasnya. Ini gunung api vulkanik tektonik posisinya berada tepat pada lintasan patahan Sumatera. Aktivitas vulkanik dan tektoniknya akan saling mempengaruhi,” jelasnya.

Gempa yang terjadi di darat Sumatera, bisa mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Kerinci yang berada di patahan Sumatera.

“Keduanya saling memengaruhi. Jika Kerinci meletus akan berpengaruh pada beberapa gunung api yang ada di sepanjang patahan Sumatera,” pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4013 seconds (0.1#10.140)
pixels