Ritual Kirab Pusaka Kiai Bende

Minggu, 17 April 2016 - 06:02 WIB
Ritual Kirab Pusaka Kiai Bende
Ritual Kirab Pusaka Kiai Bende
A A A
SEMARANG - Warga Kelurahan Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati memiliki tradisi unik yang terus dilestarikan hingga sekarang. Tradisi budaya tersebut berupa acara Kirab Pusaka Kiai Bende yang dilakukan setiap Kamis Wage pada bulan Rajab. Kiai Bende yang dikeramatkan warga Nongkosawit berupa salah satu alat gamelan yang dipercaya merupakan peninggalan Syeh Hasan Munadi.

Syeh Hasan Munadi sendiri adalah ulama besar murid dari Sunan Kalijaga. Syeh Hasan Munadi pada masanya giat menyebarkan ajaran Islam di daerah setempat dengan jalan budaya yakni kesenian karawitan. Sebelum diarak, pusaka Kai Bende terlebih dahulu dijamasi oleh para sesepuh desa.

Acara kirab dimulai setelah selesai kumandang salat ashar. Iring-iringan kirab diawali oleh perempuan sesepuh desa yang menebarkan beras kuning sebagai pembuka jalan agar acara kirab berjalan lancar. Diiringi dibelakangnya adalah drumband anak-anak, muda-mudi desa, pusaka Kiai Bende, gunungan hasil bumi, serta parade kostum.

Acara kirab kemudian diakhiri dengan rebutan gunungan hasil bumi yang diharapkan menjadi berkah bagi warga Nongkosawit. Kirab Pusaka Kiai Bende kini sudah menjadi kalender budaya rutin Kelurahan Nongkosawit sebagai desa wisata.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4743 seconds (0.1#10.140)